Angkat Produk Kearifan Lokal

Dharma Pertiwi Daerah L Kunjungi Gedung UMKM Center dan Dekranasda Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Rombongan Dharma Pertiwi Daerah L mengunjungi Gedung UMKM Center dan Dekranasda Kota Pontianak, Senin (19/8/2019). Rombongan terdiri dari Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura, Ny Mudi Herman Asaribab, Korcab XII Jalasenastri Pontianak (TNI AL), Ny Widya Gregorius Agung dan PIA AG Cab 19/D.I Lanud Supadio (TNI AU), Ny Imelda Palito S.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura, Ny Mudi Herman Asaribab mengapresiasi sambutan dari Dekranasda Kota Pontianak atas kunjungannya. Tujuan kunjungan ini adalah untuk melihat langsung produk-produk kearifan lokal dari Kalbar, khususnya dari Kota Pontianak. Selain itu, juga dalam rangka persiapan Gebyar Kartika Pertiwi, yang mana kegiatan itu akan digelar pameran untuk mengangkat kerajinan-kerajinan dari daerah masing-masing.

“Salah satunya yang kami angkat adalah dari Pontianak, tujuan kami kesini untuk melihat hal-hal yang bisa kami angkat terutama produk-produk UMKM khas Pontianak,” ujarnya.

Pihaknya juga konsen terhadap ibu-ibu yang memiliki keahlian dan keterampilan kerajinan tangan atau pangan. Dengan mengangkat dan mempromosikan produk-produk tersebut maka akan membantu perekonomian mereka. Pihaknya juga mendorong ibu-ibu untuk bisa melakukan suatu kegiatan yang bisa membantu perekonomian keluarga.

“Kami tadi sudah dengar di sini ada pelatihan-pelatihan, bantuan-bantuan dari bagaimana mempercantik kemasan hingga perizinannya. Akan lebih baik lagi jika kita bisa bermitra,” ungkapnya.

Wakil Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Norhasanah Bahasan, menyambut baik kunjungan rombongan dari Dharma Pertiwi Daerah L. Menurutnya, kedatangan rombongan memberi angin segar bagi para pelaku UMKM di bawah binaan Dekranasda Kota Pontianak.

“Dengan adanya kunjungan ini kami berharap ada produk-produk yang bisa diangkat dan dipromosikan pada kegiatan Dharma Pertiwi nantinya,” ucapnya.

Norhasanah berharap para pelaku UMKM terus berupaya meningkatkan kualitas produk-produknya sehingga bisa bersaing dengan produk UMKM daerah lainnya. Untuk itu, pihaknya terus melakukan pembinaan dan pelatihan-pelatihan kepada pelaku UMKM.

“Semua itu kita lakukan agar produk-produk UMKM kita tidak kalah dengan produk UMKM daerah lainnya,” ungkapnya.

Ketua Harian Dekranasda Kota Pontianak, Hariyadi S Triwibowo menambahkan, Gedung UMKM Center dan Dekranasda dibangun bertujuan sebagai tempat pelatihan, promosi, seminar, diskusi, workshop bagi pelaku UMKM dan kriya yang ada di Kota Pontianak.

“Gedung ini juga berfungsi sebagai destinasi wisata dan ruang kreativitas bagi pelaku ekraf,” pungkasnya. (jim/humpro)

Tinggalkan Komentar