Warga Ketapang Keluhkan Asap dan Abu Kebakaran Hutan

KalbarOnline, Ketapang – Kabut asap dan debu akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah titik di Kabupaten Ketapang mulai menyelimuti wilayah Kota Ketapang sejak Sabtu (17/8/2019) malam.

Kabut asap ini merupakan dampak kebakaran lahan di sejumlah wilayah kabupaten Ketapang, yakni Kecamatan Matan Hilir Selatan, Marau, Muara Pawan, Simpang Hulu, Manis Mata dan Marau.

Kondisi udara yang diselimuti kabut asap dan debu akibat kebakaran yang beterbangan mulai dikeluhkan warga Kota Ketapang lantaran dalam beberapa hari terakhir asap dan abu mulai pekat ini sangat dirasakan oleh warga. Terlebih pada pagi hari, di saat aktifitas masyarakat cukup padat, terutama anak-anak yang hendak berangkat ke sekolah.

Baca Juga :  “Koboi” Penembak Gadis ABG di Ketapang Ternyata Oknum Anggota Polsek Pelabuhan

“Iya, kalau pagi hari di jalan itu sangat kelihatan, asapnya tebal dan tidak hanya itu, di atas daun itu juga kelihatan bekas debu-debu yang lengket,” kata Agus (36) warga Kecamatan Delta Pawan, Minggu (18/8/2019).

Ia juga mengkhawatirkan kondisi anak-anaknya karena asap dan abu yang mulai pekat bahkan sampai menempel di baju.

“Hal inilah yang cukup mengkhawatirkan kita sebagai orang tua. Sebab asap dan abu ini dapat menyebabkan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA),” ujarnya.

Baca Juga :  Gerak Cepat Tangani Corona, PT WHW Salurkan Bantuan Alat Penunjang Kesehatan ke Masyarakat Kalbar

Selain itu, Umi (45) pemilik warung makan di Jalan D.I Panjaitan turut mengeluhkan kabut asap dan abu tersebut. Karena selain dapat menganggu kesehatan, ia menyebut kalau abu tersebut masuk ke dalam rumah dan kios dagangannya sehingga ia memutuskan untuk menutup sementara tempat dagangannya.

“Debu bekas bakarannya itu parah, terbang kemana-mana. Menempel lantai-lantai, bahkan sampai masuk ke dalam bak air. Jadi sementara dagangan saya tutup,” katanya.

Menurutnya, hal tersebut sangat meresahkan warga, karena apabila terpapar asap dan abu cukup lama akan berdampak terserang ISPA. Untuk itu ia berharap agar Pemerintah Kabupaten Ketapang segera menyikapi permasalahan ini.

“Semoga kebakaran lahan dan hutan ini segera selesai,” tandasnya. (Adi LC)

Comment