Pimpin Upacara HUT RI ke-74 di Sintang, Ini Kata Bupati Jarot

HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74

KalbarOnline, Sintang – HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di Kabupaten Sintang diperingati dengan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di Stadion Baning Sintang, Sabtu (17/8/2019).

Upacara HUT RI yang dipimpin Bupati Sintang, Jarot Winarno selaku Inspektur Upacara turut dihadiri Wakil Bupati Sintang, Askiman, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, jajaran Forkopimda, para pimpinan OPD Kabupaten Sintang serta tamu undangan lainnya.

Ditemui usai upacara pengibaran bendera merah putih, Bupati Jarot menyampaikan bahwa Indonesia Emas 2045 bertepatan dengan satu abad Indonesia merdeka yang mengisyaratkan Indonesia akan menjadi negara terbesar ketiga di dunia.

“Maka sumber daya manusianya harus dibangun dengan serius dan unggul, barulah Sintang bisa maju, Indonesia bisa maju, barulah tercapai Indonesia Emas. Kita tidak boleh puas dengan pertumbuhan ekonomi yang hanya 5 persen. Itu tidak cukup,” ujar Bupati Jarot.

Baca Juga :  Bupati Sintang Pimpin Rapat Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat 2019

Sementara Wakil Bupati Sintang, Askiman dalam kesempatan itu menyampaikan tekadnya bahwa akan terus komitmen membangun Kabupaten Sintang menjadi sejahtera dan religius.

Saat pengibaran bendera merah putih oleh paskibra Sintang yang terdiri dari 31 pelajar SMA, 23 anggota TNI dan 22 anggota Polri itu membentuk formasi burung garuda.

Dalam upacara tersebut, Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward didapuk membacakan naskah proklamasi. Sementara yang bertindak sebagai Komandan Upacara yakni AKP Indra Asrianto, Perwira Upacara, Kapten Inf Slamet AR, Perwira Keamanan, IPDA Eko Supriyanto, Komandan Paskibraka, IPDA Hadi Sutikno, pembawa acara, Karmila, pembaca doa, Kepala Kantor Kementerian Agama Sintang, H. Anuar Akhmad, S.Ag, pemimpin lagu pada kelompok Aubade yakni Herman Kurniawan.

Upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke 74 tahun ini berlangsung khidmat dan lancar.

Baca Juga :  Demi Kamseltibcarlantas, Polantas Polres Melawi Tetap Atur Lalin Meski Berjibaku Dengan Lumpur dan Banjir

Pukul 09.20 Waktu Indonesia Barat seluruh peserta upacara mulai memasuki Stadion  Baning Sintang diiringi drumb band Gita Gandhi Acalapati SMA Negeri 1 Sintang. Drumb Band  Gita Gandhi Acalapati dibawah asuhan Edy Sunaryo dan Pelatih Edo Purwanto tersebut mengiring barisan peserta memasuki dan menempati barisan masing-masing.

Tribun utama lokasi upacara, ditempati oleh jajaran Forkopimda, pejabat Korem 121/ABW, pejabat Kodim 1205 Sintang, pejabat Polres Sintang, pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, Wakil Bupati Sintang, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Ketua DPRD Sintang, Wakil Ketua DPRD Sintang, anggota DPRD Sintang, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, legiun veteran dan Warakawuri, Pepabri dan pimpinan organisasi sosial dan politik serta pimpinan organisasi pemuda.

Adapun peserta upacara terdiri dari pasukan Polisi Militer Korem 121/ABW, pasukan 642 Kapuas, pasukan Kodim 1205 Sintang, pasukan Polres Sintang, Polwan Polres Sintang, Brimob, pasukan Satpol PP, pasukan Pemadam Kebakaran, Basarnas Sintang, anggota FKPPI, Pegawai Negeri Sipil/Aparatur Sipil Negara, anggota PGRI, mahasiswa, pelajar SMA/SMP dan anggota pramuka. (*/Sg)

Comment