HUT RI ke-74, Edi Kamtono Ajak Warga Pontianak Perangi Kebodohan

KalbarOnline, Pontianak – HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di Kota Pontianak diperingati dengan menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Keboen Sajoek, Sabtu (17/8/2019).

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang dipimpin Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono selaku Inspektur Upacara ini turut dihadiri Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan, jajaran Forkopimda, para pimpinan OPD Pemkot Pontianak serta tamu undangan lainnya.

Tema peringatan HUT RI ke-74 ini adalah SDM Unggul Indonesia Maju. Menurut Edi, tema itu sejalan dengan yang dicanangkan Presiden RI terkait peningkatan SDM.

Baca Juga :  Sebagai Langkah Pererat Tali Silaturahim, Bupati Nasir Laksanakan Safari Ramadhan

“Dengan momentum peringatan HUT Kemerdekaan ini, kita berupaya memerangi kebodohan terutama di Kota Pontianak,” ujarnya.

Upaya yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam memerangi kebodohan di antaranya menerapkan wajib belajar 12 tahun. Pemkot Pontianak membuka akses pendidikan sebanyak-banyaknya.

“Tidak ada lagi anak yang sudah masuk usia sekolah tidak bersekolah,” ungkap Edi.

Ia juga mengungkapkan apresiasi yang besar kepada para veteran yang telah berjuang pada masa penjajahan. Perjuangan para veteran tersebut menjadi suri tauladan.

Baca Juga :  Pemkot Pontianak Gelar Upacara HUT RI ke-75 Secara Terbatas di Tengah Pandemi

“Suri tauladan para veteran ini semoga ditularkan untuk generasi muda,” sebutnya.

Tak kalah pentingnya, lanjut Edi, peran generasi muda dalam mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif dan bermanfaat. Semua itu dilakukan dalam rangka mempertahankan dan melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan. Kaum muda harus bisa mengisi kemerdekaan dengan kreativitas dan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi orang banyak.

“Kita berharap generasi muda memaknai HUT RI ini dengan mengisi berbagai kegiatan positif serta ikut memerangi paham radikalisme, terorisme dan narkoba,” pungkasnya. (jim/humpro)

Comment