Cita Mineral Investindo Bersama PKK Air Upas Gelar Lomba Bazar HUT RI ke-74

Kalbaronline, Ketapang – Dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia ke-74, Cita Mineral Investindo Tbk (CMI) melalui divisi Corporate Social Responsibility bersama Tim Penggerak PKK Kecamatan Air Upas menggelar lomba bazar di lapangan Benua Sekaling, Desa Air Upas yang diikuti oleh 9 desa se-Kecamatan Air Upas, Sabtu (17/8/2019).

Cita Mineral Investindo Bersama PKK Air Upas Gelar Lomba Bazar HUT RI ke-74 1

Lomba bazar yang diadakan di lapangan Benua Sekaling Desa Air Upas ini sontak dipadati masyarakat setempat. Tak hanya sekedar memadati, bahkan banyak warga yang membeli sovenir lokal dan makanan lokal yang ada di stand atau bazar tersebut. Dari 9 desa yang mengikuti lomba bazar PKK tersebut Desa Gahang keluar sebagai juara, diikuti Desa Air Upas sebagai juara kedua dan Desa Harapan Baru sebagai juara ketiga.

Dalam lomba tersebut, setiap desa mempromosikan dan menjual inovasi makanan olahan rumah, hasil kebun, tanaman hias, serta kerajinan tangan dan lain-lain dari ibu PKK setiap desa.

Ketua TP PKK Kecamatan Air Upas, Hj. Nurisma mengatakan, dari 9 desa se-Kecamatan Air Upas setiap desa harus menampilkan produk-produk unggulan desa baik itu dari bentuk makanan khas, kerajinan tangan dan hasil kebun.

“Yang mengikuti lomba hari ini ada 9 desa se-Kecamatan Air Upas, jadi yang ditampilkan dari setiap desa adalah produk-produk unggulan desa seperti produk makanan, kerajinan tangan, makanan khas dan hasil kebun. Kami sebagai tim penggerak PKK khususnya di Kecamatan Air Upas berharap bagi yang menang, terus berinovasi dan juga bagi desa yang belum menang ke depan harus lebih baik lagi,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, tim juri pada lomba tersebut terdiri dari Karang Taruna Air Upas, Pokja 2 Kecamatan dan perwakilan CMI. Adapun penilaian juri yakni karya kerajinan tangan, makanan lokal, rasa, penampilan dan kesesuaian harga.

“Kami juga sangat berterima kasih pada PT CMI yang telah banyak mendukung, membantu TP PKK Air Upas dalam mengadakan lomba bazar antara desa ini. Semoga ke depannya akan ada lagi perusahaan-perusahaan lain yang mau berpartisipasi dan berkontribusi dalam program pemberdayaan,” pungkasnya.

Sementara Camat Air Upas, H. Matjuni, SAP., ME selaku pembina TP PKK Kecamatan Air Upas mengatakan, pemerintah kecamatan yang merupakan perpanjangan tangan dari kabupaten akan terus membina program-program TP PKK di Kecamatan Air Upas yang terdiri dari 9 desa yang di mana tugasnya adalah membina dan menggali potensi-potensi yang berada di tingkat desa yang selanjutnya yang selanjutnya potensi tersebut akan menjadi nilai ekonomis.

“Pemerintah kecamatan merupakan perpanjangan tangan dari kabupaten yang didorong untuk terus membina program-program TP PKK dan menggali potensi-potensi yang ada di tingkat desa untuk sehingga potensi tersebut akan bernilai ekonomis terutama bagi kaum ibu-ibu dan tidak menutup kemungkinan akan kita pasarkan ke tingkat Kabupaten Ketapang bahkan ke tingkat propinsi,” tukasnya.

Sementara General Manager CSR dan External Relation CMI, Agus Rusli mengatakan, kegiatan tersebut dapat dijadikan ajang untuk melihat potensi hasil UMKM Kecamatan Air Upas.

“Saya menyambut gembira diadakannya kegiatan ini yang bertujuan memberikan ruang promosi, memberdayakan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat luas akan potensi hasil UMKM yang ada di Kecamatan Air Upas. Hal ini merupakan bukti nyata bahwa berbagai pihak memberikan perhatian yang semakin besar terhadap pembinaan dan pengembangan usaha kecil, khususnya mikro. Mengingat potensinya yang demikian besar dan peran penting yang dapat dimainkan UMKM dalam perekonomian masyarakat Air Upas,” tandasnya. (Goda)

Tinggalkan Komentar