Sutarmidji Harap Anggota Paskibra Kalbar Jadi Pemersatu Keberagaman

Gubernur Kalbar, Sutarmidji saat mengukuhkan anggota Paskibra Kalbar
Gubernur Kalbar, Sutarmidji saat mengukuhkan anggota Paskibra Kalbar (Foto: Humas Pemprov Kalbar)

Kukuhkan 28 anggota Paskibra Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji resmi mengukuhkan anggota pasukan pengibaran bendera (Paskibra) Kalimantan Barat di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (15/8/2019).

Sebanyak 28 anggota paskibra yang berasal dari 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Barat ini akan bertugas melakukan pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada Upacara Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat pada Sabtu (17/8/2019).

Dalam arahannya, Sutarmidji berharap para anggota paskibra yang dikukuhkan tersebut dapat menjadi pemersatu keberagaman dan perbedaan.

“Jadikan keberagamaan dan perbedaan sebagai kemajuan bangsa bukan sebagai perpecahan, saya berharap kalian bisa menjadi orang Indonesia yang maju bersama tidak bicara tentang perbedaan,” harapnya.

Orang nomor wahid di Bumi Tanjungpura ini turut mendoakan para anggota paskibra Kalbar ini dapat menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

“Kalian ini kader penerus bangsa yang setidaknya sudah terpilih menjadi yang terbaik di Kalimantan Barat. Pertahankan dan jaga itu. Mudah-mudahan bisa jadi pemimpin yang betul-betul bisa memaknai sebagai orang Indonesia,” tukasnya.

Pada kesempatan itu, Midji juga meminta anggota paskibra Kalbar untuk menjaga kesehatan demi kelancaran upacara kemerdekaan.

Sementara salah seorang anggota paskibra Kalbar, Regina Auredya mengaku senang dan terharu usai dikukuhkan oleh Gubernur. Paskibra asal Kabupaten Sekadau ini mengaku terharu karena terkenang akan proses panjang yang dilaluinya sebelum secara resmi dikukuhkan.

“Terharu. Awalnya ikut seleksi sekolah, sesudah itu di kecamatan. Lolos lagi untuk di tingkat kabupaten dan akhirnya bisa sampai di tingkat provinsi,” ungkapnya.

Siswa SMK Keling Kumang Kabupaten Sekadau yang kini duduk di kelas XI ini bercerita bahwa dirinya beserta 27 anggota paskibra lainnya mulai menjalani karantina di Balai Diklat Dapen Bank Kalbar pada 26 Juli lalu. Sejak dikarantina, latihan demi latihan dikatakan Regina terus dijalani hingga tanggal 14 Agustus 2019.

Regina mengharapkan doa dari seluruh masyarakat Kalimantan Barat agar Upacara Peringatan HUT Ke-74 di Halaman Kantor Gubernur Kalbar nantinya dapat berlangsung lancar.

Upacara pengukuhan yang diawali dengan pembacaan ikrar paskibra itu berlangsung dengan suasana penuh haru. Usai resmi dikukuhkan, sebagian dari mereka bahkan meneteskan air mata sembari bersalaman dengan para tamu undangan.

Turut hadir Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Pangdam XII/Tanjungpura, perwakilan Polda Kalbar serta unsur forkopimda lainnya. (Fai)

Tinggalkan Komentar