Lewat CSR, PT WHW-AR Kontribusi di Bidang Pendidikan Hingga Bina Petani Sayur

Keluarga Bapak Mentaduk merupakan satu dari ratusan warga adat Dayak yang menjadi binaan PT WHW-AR
Keluarga Bapak Mentaduk merupakan satu dari ratusan warga adat Dayak yang menjadi binaan PT WHW-AR (Foto: Adi LC)

KalbarOnline, Ketapang – PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW-AR) lewat program Corporate Social Responsibility (CSR) memiliki berbagai agenda kegiatan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di berbagai bidang.

Di antaranya di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, kemandirian ekonomi, keagamaan, sosial budaya dan kepemudaan serta penguatan kelembagaan komunitas. Untuk bidang sarana infrastruktur umum, di antaranya bantuan sarana air bersih bagi warga Dusun Sukaria dan pembangunan fasilitas untuk mandi, mencuci dan kakus (MCK) umum di Dusun Tanjung.

“Untuk bidang pendidikan telah terlaksana, di antaranya penyelesaian bantuan sarana pendidikan untuk PAUD Mutiara Tengar, bantuan sarana perpustakaan bagi MTS At-Taqwa Kendawangan berupa meja, kursi dan rak buku. Serta renovasi ruang kelas dan alat peraga pendidikan sains untuk SD Negeri 15 Kendawangan di Dusun Sungai Gayam,” ujar Corporate Communications PT WHW-AR, Suhandi Basri, Senin (12/8/2019).

Sementara pada bidang kesehatan, ia menyebut, telah dilaksanakan juga sejumlah kegiatan. Di antaranya penyerahan bantuan makanan tambahan bagi manula yang kegiatannya dilakukan bersamaan dengan kegiatan WHW berbagi Idul Fitri 1440 Hijriah beberapa waktu lalu.

“Sedangkan untuk bidang kemandirian ekonomi, di antaranya penyiapan untuk penyaluran bantuan pengembangan kelompok perempuan dalam usaha kecil, pendampingan pengembangan dan penguatan kelompok tani yang telah mendapatkan bantuan, pendampingan pengembangan dan penguatan kelompok nelayan yang telah mendapat bantuan,” paparnya.

Ia menyebut, satu di antara potret keberhasilan manfaat program CSR PT WHW-AR yang telah dirasakan oleh masyarakat ialah dalam program kemandirian ekonomi dalam sektor pertanian. Seperti yang dialami Bapak Mentaduk. Pria berusia 53 tahun itu merupakan satu dari ratusan warga Adat Dayak yang menjadi Binaan Program CSR PT WHW-AR.

“Bapak Mentaduk bercocok tanam mulai sayuran terong, cabe, kacang panjang, timun hingga bawang merah di sekitar area tempat tinggalnya di Dusun Kelukup Belantak, Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, melalui program CSR, PT WHW-AR melakukan pembimbingan mulai dari persiapan tanam, perawatan, panen hingga pemasaran. Menurutnya, kini keluarga Mentaduk lebih maju dan sejahtera dengan berpenghasilan sedikitnya Rp10 juta setiap bulannya.

“Dengan kemandirian ekonomi keluarga, maka putera Bapak Mentaduk juga memperoleh pendidikan yang unggul,” sebutnya.

Dengan manfaat yang dirasakan oleh keluarga Bapak Mentaduk, semakin meyakinkan PT WHW-AR untuk memberikan dampak positif peningkatan ekonomi masyarakat dengan memunculkan petani-petani lainnya untuk menekuni budidaya pertanian lokal. (Adi LC)

Tinggalkan Komentar