KPU Ketapang Umumkan Hasil Pemilu 2019, Berikut Jumlah Kursi dan Suara Sah Partai

KalbarOnline, Ketapang – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ketapang resmi menetapkan 45 calon legislatif terpilih DPRD Kabupaten Ketapang hasil Pemilu 2019. Penetapan hasil perolehan kursi serta penetapan caleg terpilih ini dilakukan melalui Rapat Pleno yang dilangsungkan di Borneo Emerald Hotel Ketapang, Senin (12/8/2019) siang.

KPU Ketapang sendiri resmi menetapkan caleg terpilih usai pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai perselisihan hasil pemilu se-Indonesia beberapa hari lalu. Dari hasil pleno tersebut Partai Golkar berhasil menduduki kursi terbanyak dengan total 10 kursi dari 45 kursi yang ada di DPRD Kabupaten Ketapang.

Berikut hasil peroleh kursi dan suara partai dari hasil rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Ketapang hasil Pemilu 2019 oleh KPUD Ketapang.

Baca Juga :  Tim Wasev Mabes TNI AD Kunjungi Lokasi TMMD di Kecamatan Hulu Sungai

Dari hasil rapat pleno, di mana terdapat total 45 kursi di DPRD Kabupaten Ketapang yang tersebar di enam daerah pemilihan. Partai Golongan Karya (Golkar) berhasil menduduki kursi terbanyak di DPRD Ketapang dengan jumlah total 10 kursi dan jumlah raihan suara sebanyak 65.196 suara.

Disusul Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mendapat total 7 kursi di DPRD Ketapang dengan total suara yang didapat berjumlah 36.785 suara. Kemudian, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang memperoleh 6 kursi di DPRD Ketapang dengan jumlah 32.496 suara.

Baca Juga :  Kapolres Ketapang Pimpin Pencarian Korban Tenggelam di Sungai Pawan

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) memperoleh 4 kursi dengan total 22.985 suara. Partai Nasional Demokrat (Nasdem) juga memperoleh 4 kursi dengan total 22.985 suara. Diikuti Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga memperoleh 4 kursi dengan 19.929 suara dan Parta Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 4 kursi dan 19.096 suara.

Selanjutnya, Partai Demokrat memperoleh 2 kursi di DPRD Ketapang dengan jumlah total 18.976 suara. Sama dengan Demokrat, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) juga berhasil 2 kursi di DPRD Ketapang dengan 14.752 suara. Terakhir Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa yang harus puas dengan mendapat masing-masing 1 kursi di DPRD Ketapang dengan 11.500 suara untuk PKB dan 9.848 suara untuk PKS. (Adi LC)

Comment