by

Sekian Lama Menanti, Desa Cupang Gading Bakal Miliki Kantor Desa yang Representatif

KalbarOnline, Sekadau – Setelah sekian lama menanti, akhirnya masyarakat Desa Cupang Gading, Kecamatan Sekadau Hulu bakal memiliki kantor desa yang representatif. Kepastian ini ditandai dengan dilaksanakannya penancapan tiang pertama Kantor Desa Cupang Gading, oleh Camat dan Kades setempat, Senin (5/8/2019).

Dalam penancapan tiang pertama ini, dilaksanakan pula upacara adat Engkang (Serba Tiga) mewakili tiga Suku (Dayak Taman, Dayak Sawe, Melayu) oleh tiga tokoh adat Cupang. Setelahnya dilaksanakan secara simbolis penancapan tiang pertama oleh Plt Camat Sekadau Hulu, Udin, Kepala Desa Cupang Gading, Martinus Yanuar A.Md dan Ketua BPD setempat.

Kades Cupang, Yanuar dalam sambutannya menyatakan, sejak dibentuk menjadi desa pada tahun 1997, Desa Cupang Gading masih tergabung dalam wilayah Kabupaten Sangggau dan belum memiliki Kantor yang representatif.

“Sebelumnya kantor Desa Cupang Gading menggunakan balai desa sebagai tempat pelayanan administrasi desa, sejak tahun 2018 kantor desa menggunakan perpusatakaan desa,” ujar Yanuar.

Hingga akhirnya pada tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Sekadau mengelontorkan dana sebesar Rp200 juta untuk pembangunan kantor Desa Cupang Gading yang representatif.

Yanuar meyakini, dengan adanya kantor yang representatif, akan meningkatkan pelayanan desa kepada masyarakat. Untuk itu dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau yang telah memberikan bantuan tersebut.

“Terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sekadau yang memberikan bantuan dana untuk pembangunan kantor Desa Cupang Gading ini,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Plt Camat Sekadau Hulu, Udin menjelaskan bahwa pembangunan kantor desa oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau dilaksanakan setiap tahun kepada desa-desa yang belum memiliki kantor representatif.

“Sekadau Hulu tahun ini ada dua desa yang dibangun, yakni Desa Cupang Gading dan Desa Tapang Perodah,” ungkap Udin.

Dalam prosesnya, Udin menjelaskan, material pembangunan kantor desa mengunakan dua jenis bahan yakni berbahan dasar beton dan kayu.

Selaku Camat, Udin berharap agar proses pembangunan kantor desa dapat memaksimalkan anggaran yang tersedia serta sesuai dengan RAB.

“Diperkirakan Rp200 juta mungkin belum maksimal untuk menyelesaikan pembangunannya. Namun, disarankan finishing pada tahun anggaran 2020 melalui dana desa,” kata Udin.

Udin juga menaruh harapannya, agar pembangunan kantor Desa Cupang Gading ke depannya dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan aparatur desa kepada masyarakat.

“Termasuk disiplin aparatur desa dalam bekerja,” tegas Camat.

Desa Cupang Gading merupakan desa yang terletak di wilayah Kecamatan Sekadau Hulu dan memiliki lima dusun yakni, Dusun Cupang Gading, Dusun Belungai, Dusun Kiatak, Dusun Jopo dan Dusun Nanga Manjang dengan Jumlah penduduk lebih dari 2000 jiwa dan 450 Kepala Keluarga (KK). Umumnya masyarakat Desa Cupang Gading bermata pencaharian sebagai petani karet, ladang dan kelapa sawit serta wiraswasta. (Mus)

Comment

News Feed