Buka Akses Jalur Darat, Masyarakat Desa Sekukun Apresiasi Program TMMD

KalbarOnline, Ketapang – Pj Kepala Desa Sekukun, P. Surya Darma mengapresiasi program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-105 tahun anggaran 2019. Menurutnya, melalui program tersebut, akses jalan dari desanya dan menuju jalur lain, khususnya darat sudah terbuka dan dapat mempersingkat waktu dan biaya.

“Sebelum ada ini, dulu memang sudah ada jalan, yang dilaksanakan perusahaan yang ada di Hulu Sungai khususnya, cuma jalan itu sangat terbatas sehingga belum bisa menghubungkan antar desa ke desa,” terangnya, Rabu (31/7/2019).

Ia menyebut, sebelum ada program TMMD ini diakuinya, akses darat belum dapat dilalui, sehingga transportasi air menjadi pilihan masyarakat. Akses air yang memakan biaya sangat besar dikeluhkan masyarakat, namun tidak ada pilihan bagi masyarakat yang ingin menjual hasil hutan mereka ke ibu kota Kecamatan Sandai.

Baca Juga :  Update Covid-19 di Ketapang, Jumlah ODP Bertambah Jadi 60 Orang

Bahkan dengan dibukanya akses darat melalui program TMMD ini masyarakat dapat memangkas biaya pengeluaran sebanyak 90 persen. Dulu, dikatakan Pj Kades Sekukun, masyarakat harus mengeluarkan uang kurang lebih Rp1 juta, sekarang hanya sekitar kurang lebih Rp100 ribu.

Baca Juga :  Wakil Bupati Ketapang Hadiri Customer Gathering yang Diadakan RSUD dr. Agoesdjam Ketapang 

“Dulu mereka menggunakan jalur air, memakan biaya yang sangat besar,” ungkapnya.

Ia mewakili masyarakat merasa sangat terbantu dengan program TMMD ini, karena menurutnya jika hanya mengandalkan dana desa dan dana Pemerintah Kabupaten tentu tidak dapat dilaksanakan dengan cepat, karena selain keterbatasan anggaran dan ada beberapa kegiatan yang berskala prioritas.

“Atas nama warga Desa Sekukun dan Riam Dadap, atas terlaksananya kegiatan TMMD ini kami mengucapkan terima kasih,” tuturnya. (Adi LC)

Comment