Belum Teraliri Listrik, Desa Sungai Nibung Kerjasama Dengan Pihak Swasta

KalbarOnline, Kubu Raya – Empatdusun di Desa Sungai Nibung, Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya tak lama lagi bakal teraliri listrik. Wacana tersebut disampaikan Kepala Desa Sungai Nibung, Syarif Ibrahim saat diwawancarai KalbarOnline di Kantor Desa Sungai Nibung, Selasa (30/7/2019).

Ibrahim menerangkan pasokan listrik tersebut sejauh ini telah disepakati bersama antara Pemerintah Desa dengan pihak swasta yang membidangi listrik yakni CV Cipta Bagas Karya.

“Perencanaan dalam kesepakatan tersebut berupa pembangunan jaringan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Adapun soal izin serta teknis pembangunan pembangkit listrik, sedang dalam proses pihak swasta tersebut,” ucapnya.

Syarif Ibrahim mengungkapkan, sebanyak 300 Kepala Keluarga telah sepakat untuk pemasangan meteran listrik berdaya 1300 Kwh.

“Sambil menunggu pihak ketiga membangun pembangkit listrik. Kita juga berharap masyarakat desa konsisten dalam kesapakatan bersama untuk memasang instalasi listriknya masing-masing,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kubu Raya Kirim Dua Gadis Ikuti Kontes Kecantikan Miss Eart Indonesia

Lebih jauh Syarif Ibrahim mengatakan, rencana pembangunan sarana kelistrikan kerjasama pihaknya dengan pihak swasta tersebut ke depannya terkait penggelolaan keuangannya akan dikelola oleh BUMDes Sungai Nibung Sejahtera.

Dirinya menjelaskan BUMDes tersebut, tidak hanya melayani penjualan voucher listrik, juga promosi pengelolaan Sumber Daya Alam yang telah disosialisasikan kemanfaatannya, sehingga dapat menjadi omset ratusan juta rupiah dalam meningkatkan pendapatan asli desanya itu.

“Masyarakat khususnya para nelayan telah sepakat produksi serta pemasaran perikanan melalui BUMDes, karena dalam hal mengajak bersama masyarakat untuk meningkatkan PADes. Pemerintah desa telah mengatur regulasi dalam pengelolaan Sumber Daya Alam secara baik dan ramah lingkungan agar tetap menjadi kebutuhan masyarakat di masa depan,” tukas Syarif Ibrahim.

Baca Juga :  FKPSRD Gelar Senam Massal Joged Pesona Kubu Raya

Diketahui keberadaan listrik sangat didambakan oleh masyarakat Desa Sungai Nibung, selama ini energi listrik hanya dinikmati melalui mesin genset pribadi yang beroperasi dalam jam-jam tertentu. Sedangkan pada malam harinya sebagian masyarakat desa, hanya menggunakan lentera sebagai alat penerangan.

Terkait dengan hal tersebut, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mendorong pihak BUMN yakni PT PLN (Persero) untuk menuntaskan program kelistrikannya di setiap wilayah desa-desa. Dengan hadirnya PLTD berkapasitas 2×100 kilo Watt (KW), Bupati Muda mengatakan, ketersediaan energi listrik akan dapat dinikmati secara maksimal oleh masyarakat desa.

“Proyek nasional 2×100 KW yang sempat dibangun di Kabupaten Bengkayang, juga akan dibangun di Rasau. Karena kalau proyek nasional 2×100 KW masuk, saya kira untuk ketersediaan energi listrik akan maksimal,” tukas Bupati Muda saat ditemui di Kantor Bupati Kubu Raya belum lama ini. (ian)

Comment