Pekan Gawai Dayak ke-10 Sekadau Siap Dilaksanakan, DAD Ajak Masyarakat Berpartisipasi

KalbarOnline, Sekadau – PuncakPekan Gawai Dayak ke-10 Kabupaten Sekadau akan dilaksanakan pada 29 Juli – 3 Agustus mendatang. Untuk itu, panitia kegiatan terus melakukan berbagai persiapan. Seperti diketahui, pada 21 Juli lalu, panitia kegiatan telah melakukan rapat evaluasi guna mendengarkan pemaparan koordinator seksi terkait pelaksanaan kegiatan.

Kemudian pada 23 Juli kemarin, Ketua Umum Panitia Gawai Dayak ke-10 Sekadau didampingi jajarannya juga telah melakukan audiensi dengan Kapolres Sekadau guna membahas pengamanan selama berlangsungnya PGD ke-10 Kabupaten Sekadau yang akan dilangsungkan di Betang Youth Center ini nantinya.

Ketua Umum PGD ke-10 Sekadau, Yohanes Anes mengatakan, gawai dayak tahun ini mengusung tema ‘Melalui Gawai Dayak X Kabupaten Sekadau tahun 2019, Kita Pererat Persatuan dan Kesatuan Dalam Pelestarian Adat dan Budaya Dayak’. Selain itu, lanjut dia, pelaksanaan gawai dayak sendiri akan diikuti kontingen Dewan Adat Dayak (DAD) dari kecamatan se-Kabupaten Sekadau dan sanggar-sanggar, paguyuban dan sebagainya.

Baca Juga :  Hilang Konsentrasi, Avanza dan Truk Muatan Sawit Baku Hantam di Jalan Sekadau

“Akan diikuti kontingen DAD kecamatan se-Kabupaten Sekadau, sanggar, paguyuban, persekutuan seni dan budaya dayak, sanggar-sanggar desa, sekolah dan masyarakat umum,” ujarnya, Selasa (23/7/2019).

Dalam pelaksanaan PGD ke-10 Sekadau, lanjut dia, juga akan dimeriahkan dengan display budaya dan perlombaan lainnya. Ia mengatakan, pihaknya juga telah melaksanakan audiensi dengan Polres Sekadau. Sehingga, diharapkan pelaksanaan kegiatan tersebut berlansung dengan aman.

“Persiapan sudah matang, tinggal finishing. Selain itu, kami juga mengundang berbagai pihak dalam memeriahkan kegiatan tersebut,” tandasnya.

Sementara Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sekadau, Welbertus Willy menegaskan bahwa gawai dayak merupakan ucapan syukur setelah panen.

“Jadi, setiap tahun masyarakat dayak melaksanakan kegiatan gawai dayak. Sebenarnya, kegiatan gawai dayak di Kabupaten Sekadau ini dimulai di kampung-kampung sejak 1 Mei lalu dan bergulir setiap hari dan minggu dan akan ditutup pada Pekan Gawai Dayak tingkat Kabupaten Sekadau,” ujar Willy.

Baca Juga :  Semagat Gotong Royong Mendarah Daging Masyarakat Desa Semabi

Willy berharap, kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik, terutama di sisi keamanan. Ia berharap, kegiatan tersebut sukses agar kegiatan gawai dayak bisa terlaksanakan sesuai dengan yang diharapkan. Dirinya juga mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan gawai nantinya akan dimeriahkan dengan berbagai perlombaan seperti pemilihan bujang dara dan sebagainya.

“Ada kompetisi di dalam pelaksanaan PGD ke-10 nanti seperti ajang pemilihan bujang dara dan berbagai perlombaan lainnya. Tentunya kami harap melalui pelaksanaan PGD ke-10 ini sekaligus meningkatkan kualitas SDM Dayak di Sekadau, supaya bisa bersaing dengan daerah lain,” tukasnya.

Selain itu, dirinya juga menegaskan, gawai dayak bukan hanya untuk masyarakat dayak. Ia menegaskan, gawai dayak merupakan milik masyarakat Kabupaten Sekadau. Untuk itu, dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama mensukseskan kegiatan tersebut.

“Kami berharap suku-suku lain untuk memeriahkan momen ini. Kepada panitia, kita harap dapat merangkul sub suku lainnya untuk berpartisipasi. Kepada DAD kecamatan juga kami harap partisipasinya dalam mengikuti even yang ada,” pungkasnya. (Mus)

Comment