Wabup Sujiwo Lepas JCH Kubu Raya di Embarkasi Batam

Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo foto bersama JCH Kubu Raya di Embarkasi Batam
Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo foto bersama JCH Kubu Raya di Embarkasi Batam (Foto: ian)

KalbarOnline, Batam – Jamaah Calon Haji asal Kubu Raya tiba di Asrama Haji Kota Batam. Para JCH tersebut rencananya akan bertolak ke Mekkah pada Rabu (17/7/2019). Kedatangan jamaah di Embarkasi Kota Batam disambut langsung Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo bersama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya, Suprapto. Dalam pertemuan di aula asrama haji, keduanya memberikan sejumlah pesan kepada jamaah.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Kubu Raya, kami mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji. Semoga Allah melindungi perjalanan mulai dari berangkat hingga pulang kembali ke Tanah Air dan dijadikan haji yang mabrur,” kata Wakil Bupati Sujiwo dalam sambutannya, Selasa (16/7/2019).

Sujiwo mengingatkan jamaah untuk selalu menjaga kekompakan. Secara khusus ia berpesan kepada jamaah agar terus menjaga kebugaran. Hal itu disebabkan cuaca ekstrem yang saat ini melanda di Tanah Suci.

“Cuaca ekstrem sampai 42 derajat celcius. Makanya stamina harus dijaga. Banyak-banyak minum air putih. Kemudian disarankan juga untuk tidak terlalu banyak di luar ruangan ketika terik cuaca. Kecuali pada saat harus menjalankan rangkaian ritual ibadah haji,” ujarnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya, Suprapto berpesan agar jamaah fokus dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji. Terutama dalam ritual wukuf di Arafah. Mengutip sebuah hadis, Suprapto menyebut haji adalah wukuf di Arafah. Karena itu, ia mengingatkan jamaah untuk mengisi wukuf dengan berbagai amalan ibadah yang disyariatkan.

“Haji itu adalah wukuf di Arafah. Tetapi seringkali jamaah tergoda untuk melakukan hal-hal yang sia-sia. Di waktu wukuf banyak yang hanya tidur-tiduran dan ngobrol. Sangat disayangkan sekali. Maka saya titip pesan untuk berzikir di Arafah,” tukasnya. (ian/rio)

Tinggalkan Komentar