327 JCH Kubu Raya Tunaikan Ibadah Haji

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan didampingi Sekretaris Daerah, Yusran Anizam melepas 327 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Kubu Raya di aula Kantor Bupati Kubu Raya. Para jamaah tersebut telah melalui rangkaian manasik haji yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

“Manasik merupakan suatu pembekalan yang difasilitasi oleh pemerintah daerah agar 327 Jamaah Calon Haji asal Kubu Raya lebih memahami tata cara pelaksanaan haji nantinya,” ujarnya usai pelepasan JCH, Jumat (6/7/2019).

Muda mengungkapkan, kuota haji di Kubu Raya meningkat dari tahun sebelumnya. Dirinya berharap ke depan kuota dapat terus meningkat.

Baca Juga :  Kubu Raya Jadi Lokasi Pertama Safari Ramadhan Gubernur Kalbar

“Karena yang mendaftar juga semakin meningkat,” ucapnya.

Muda mengingatkan, seluruh JCH Kubu Raya agar selalu menjaga kesehatan. Sehingga dapat menunaikan setiap rangkaian ritual haji dengan maksimal. Ia juga berharap penyelenggaraan termasuk pelayanan haji berjalan maksimal.

“Kita berharap seluruh jamaah asal Kubu Raya tetap sehat hingga selesainya pelaksanaan haji,” tuturnya.

Kepada jamaah calon haji, Muda memastikan bahwa di tanah suci nantinya para jamaah akan mendapatkan pelayanan yang sama dengan jamaah dari daerah lainnya. Terutama terkait pelayanan kesehatan.

“Penyelenggara juga mesti meningkatkan kualitas pelayanan dan saat ini jamaah calon haji sudah semakin mudah mengakses berbagai informasi, sehingga hal-hal yang negatif lebih bisa diantisipasi,” sebutnya.

Baca Juga :  Tema ‘Benteng Mangrove Sang Penjaga’ Menjadi Ikon Bundaran Arteri Supadio

Ketua Panitia Pelepasan Jamaah Calon Haji Kabupaten Kubu Raya, Nasutiun Usman menuturkan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memberikan perhatian khusus terhadap JCH Kubu Raya tahun 2019. Perhatian tersebut berupa bantuan transportasi lokal sebesar Rp1 juta per jemaah. Selain itu juga diberikan tambahan biaya konsumsi dan akomodasi selama di embarkasi. Termasuk obat-obatan yang nantinya dapat digunakan selama pelaksanaan ibadah haji.

“Pemkab Kubu Raya juga memberikan bahan batik dan slayer, yang digunakan pada acara pelepasan ini,” tambah Nasutiun.

Nasutiun menjelaskan, JCH Kubu Raya tertua bernama Keman Torejo berusia 87 tahun, sedangkan yang termuda M. Rafi’i berusia 28 tahun. (ian)

Comment