Bupati Muda Hadiri APKASI Otonom Expo 2019

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menghadiri dan meninjau langsung pelaksanaan Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonom Expo 2019 di Jakarta Convention Centre (JCC), Rabu (3/7/2019) kemarin.

Kegiatan APKASI Expo 2019 yang berlangsung sejak 3-5 Juli 2019 itu dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto mewakili Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Usai acara pembukaan APKASI Expo 2019, Bupati Muda meninjau langsung stan Kubu Raya dan juga menyempatkan diri meninjau sejumlah stan kabupaten lainnya dapat menampilkan produk-produk unggulan dari seluruh kabupaten di Indonesia, sehingga dapat saling mengenalkan produk unggulan di masing-masing daerah bahkan dapat saling berinovasi dan mereplikasi.

“Melalui kegiatan ini, dari semua produk yang dihasilkan dari berbagai kabupaten di Indonesia ini,” kata Muda di sela-sela mengunjungi stand Kubu Raya.

Selain itu, kata Muda, kegiatan expo ini dapat memberikan berbagai informasi yang berharga, bahkan ke depannya dapat menjadi jaringan untuk saling memberikan manfaat antar kabupaten.

Baca Juga :  Siaga Penanggulangan Karhutla, Pemkab Kubu Raya Gali Parit dan Bangun Embung

“Apa yang dihasilkan ini berasal dari masyarakat, kegiatan ini bukan untuk saling adu unggul, namun kegiatan ini memberikan dampak, saling menguntungkan, saling memberikan manfaat dan saling mrmbantu antar daerah,” ujar Muda.

Muda menjelaskan, Kubu Raya sendiri menampilkan produk yang sudah dihasilkan untulk daerah lain, seperti konventer kit, madu kelulut dan madu mangrove dan produk-produk lainnya.

Lebih lanjut Muda mengatakan, melalui kunjungannya ke beberapa stan dari daerah lainya, tentunya menjadi motivasi bagi pemerintah untuk terus mengembangkan berbagai sektor.

“Ke depannya kita harus bisa mengembangkan di berbagai sektor, seperti mendorong destinasi wisata-wisata di desa,” kata Muda.

Muda menambahkan, kegiatan ini dapat menjadi inspirasi untuk menciptakan suatu produk unggulan termasuk teknologi dan kebijakan.

“Jika ada daerah lain ada yang lebih baik, akan kita replikasi. Replikasi ini sangat perlu, karena satu sama lainnya sebenarnya saling belajar,” tuturnya.

Baca Juga :  Sudah 77 Orang Dinyatakan Positif dan Satu Kasus Meninggal dari Klaster Tahlilan dan Pelayat di Mega Blora Kubu Raya

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto meminta daerah-daerah berkolaborasi dalam inovasi untuk memajukan daerah masing-masing.

“Diharapkan adanya inovasi-inovasi baru di semua daerah tetapi juga berkolaborasi. Jadi setiap daerah kecuali berpacu kompetisi dalam inovasi, tetapi harus ada kolaborasi,” kata Wiranto dalam sambutannya.

Wiranto juga berharap, pemerintah daerah dapat saling belajar dan saling mengombinasikan keunggulan daerah masing-masing, serta mempunyai produk unggulan.

“Pemerintah daerah harus fokus menggarap produk unggulan itu supaya bisa bersaing di tingkat dunia. Harus ada produk unggulan yang menjadi fokus daerah yang menjadi komoditas bisa dimainkan, tidak hanya skala nasional tapi skala global,” ujar Wiranto.

Wiranto pun mendorong para pengusaha lokal lebih banyak memanfaatkan teknologi seperti e-commerce untuk memasarkan produk-produk mereka.

Ketua Umum Apkasi, Mardani Maming mengatakan, acara yang diikuti 377 kabupaten itu juga bisa menjadi wadah pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“UMKM yang belum maju sehingga bIsa melihat kawan-kawan UMKM yang sudah ada, yang kemasannya bagus, sehingga bisa masuk ke supermarket-supermarket Indonesia bahkan luar negeri,” tandasnya. (ian)

Comment