DAD Sintang Terus Matangkan Persiapan Pekan Gawai Dayak VIII

KalbarOnline, Sintang – Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang bakal menggelar Pekan Gawai Dayak ke-VIII pada 9-13 Juli 2019 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Ketua DAD Sintang, Jeffray Edward dalam rilisnya.

Jeffray berujar, Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang akan dilaksanakan di Kompleks Stadion Baning Sintang. Selain itu, pihaknya juga sudah membentuk panitia guna mensukseskan PGD Sintang ke-VIII.

“Kita juga sudah membentuk sebuah kepanitiaan yang sudah mulai bekerja mempersiapkan gawai ini. Inilah komitmen DAD Kabupaten Sintang untuk menjaga, melestarikan, menanamkan nilai seni dan budaya Dayak di Kabupaten Sintang. DAD Kabupaten Sintang sudah mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Sintang untuk melaksanakan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang yang ke-VIII ini,” terang Jefray Edward.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Sintang

Sementara Ketua Panitia Pekan Gawai Dayak Sintang 2019, Yustinus Jukardi menjelaskan bahwa pihaknya sudah terus menerus melakukan persiapan-persiapan untuk mensukseskan gawai ini.

“Panitia sudah bekerja mempersiapkan kegiatan ini. Masing-masing seksi juga sudah bekerja dan menjalankan tugas. Kami mengundang seluruh masyarakat Dayak di Kabupaten Sintang untuk mengunjungi dan memadati Kompleks Stadion Baning Sintang mulai Selasa 9 Juli sampai Sabtu 13 Juli 2019. Selain berbagai jenis perlombaan, kita juga akan melaksanakan seminar nantinya,” terang Yustinus Jukardi.

“Pembukaan Pekan Gawai Dayak 2019 ini akan kita laksanakan di dalam stadion. Sementara panggung utama ada di depan indoor. Kita juga akan mulai arahkan beberapa lomba di Betang Tampun Juah di Jerora Satu. Supaya masyarakat Dayak di Kabupaten Sintang tahu bahwa kita sudah memiliki Betang Tampun Juah yang hampir rampung,” tambah Yustinus Jukardi.

Baca Juga :  Pekan Gawai Dayak Kalbar ke-32 Resmi Berakhir, Kontingen DAD Sintang Raih 3 Emas

Sementara Koordinator Seksi Lomba, Sanli Risna menjelaskan, pada PGD Sintang ke-VIII ini pihaknya sudah merencanakan akan melaksanakan 15 jenis perlombaan.

“Kita akan melaksanakan 15 jenis perlombaan seperti lomba menangkap babi, memainkan sape, display budaya, stan pameran, tari dayak kreasi, bujang dara gawai, menyanyikan lagu dayak dewasa (putra dan putri), menyanyikan lagu dayak anak-anak (putra dan putri), fashion show busana adat anak-anak, melukis perisai, menumbuk dan menampik padi, kuliner khas dayak, sumpit (perorangan dan beregu), pangkak gasing dan menganyam manik. Saat ini masing-masing lomba sudah dipersiapkan oleh panitia,” tandasnya. (*/Sg)

Comment