Sembilan Rumah Tak Layak Huni di Desa Tanjung Pasar Bakal Direnovasi

Camat Muara Pawan, Maisier saat melakukan penancapan tiang pertama rumah tak layak huni yang bakal direnovasi
Camat Muara Pawan, Maisier saat melakukan penancapan tiang pertama rumah tak layak huni yang bakal direnovasi (Foto: Adi LC)

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintahan  Desa Tanjung Pasar, Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang bakal melakukan renovasi terhadap rumah milik warga di desa tersebut. Melalui program bedah rumah, setidaknya ada sembilan unit rumah tak layak huni yang bakal direnovasi.

Pelaksanaan program bedah rumah itu ditandai dengan penancapan tiang pertama oleh Camat Muara Pawan, Maisier dengan didampingi oleh perangkat desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta masyarakat Desa Tanjung Pasar secara simbolis terhadap satu di antara dua unit rumah yang akan direnovasi untuk tahap pertama, Kamis (13/6/2019) lalu.

Pj Kepala Desa Tanjung Pasar, Agus Sugeng mengatakan kalau dua unit rumah yang baru akan mulai direnovasi ini merupakan masih tahap pertama. Rencananya di tahun 2019 ini pihaknya menargetkan sembilan unit rumah yang dianggap tak layak huni yang akan dibagi dalam tiga tahap.

“Rumah dari warga yang berpenghasilan rendah tersebut kita perbaiki dengan menggunakan Silpa Dana Desa Tanjung Pasar tahun 2018,” ungkapnya.

Agus menjelaskan, dari sembilan unit rumah tak layak huni tersebut empat unit di antaranya akan direnovasi total. Ia juga mengatakan kalau program bedah rumah ini akan terus berlanjut hingga tahun 2020 mendatang.

“Untuk anggaran per satu unit rumah itu berkisar antara Rp15 juta hingga Rp50 juta,” ujarnya.

Sementara satu diantara warga Desa Tanjung Pasar yang rumahnya bakal direnovasi, Sudirman mengaku sangat terbantu dengan adanya program bedah rumah dari Pemerintahan Desa Tanjung Pasar.

“Tentunya saya sangat berterima kasih kepada pemerintah desa dan kecamatan yang telah membantu khususnya warga yang tinggal di rumah tidak layak huni. Tentunya kami sebagai masyarakat merasa terbantu sekali dengan program-program yang ada di pemerintah desa,” ucapnya.

Selan itu, Sudirman berpesan agar warga yang belum terbantu dengan program tersebut untuk dapat bersabar. Karena diketahuinya program tersebut akan dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Mohon untuk saudara-saudara di Desa Tanjung Pasar yang belum mendapatkan bantuan, agar bersabar. Insya Allah akan terwujud secara bertahap,” tandasnya. (Adi LC)

Tinggalkan Komentar