Buka Gawe Nyelepat Tahun di Sekubang, Ini Kata Wabup Askiman

KalbarOnline, Sintang – Wakil Bupati Sintang, Askiman menghadiri sekaligus membuka Gawe Nyelapat Tahun (Gawe Dayak) di Desa Sekubang, Kecamatan Sepauk, Kamis (13/6/2019).

Selain dihadiri ribuan masyarakat Dayak Seberuang Desa Sekubang, Gawe Nyelapat tahun tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si, Sekretaris DAD Kabupaten Sintang, Herkulanus Roni, Kasatpol PP Sintang, Martin Nandung, Camat Sepauk, Chinghan, Danramil Sepauk, Kapolsek Sepauk, Ketua DAD sepauk, para Kepala Desa, tokoh adat, para tumenggung serta tokoh agama Kecamatan Sepauk.

Dalam sambutannya, Wabup Askiman mengatakan bahwa gawe dayak yang dilaksanakan masyarakat Desa Sekubang sangat luar biasa dan menjunjung tinggi adat. Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Sintang, dirinya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tradisi masyarakat tersebut.

Baca Juga :  Sejumlah Warga Sintang Nyatakan Tolak PKR Dalam Dialogis Bersama Karolin

“Saya selalu menyempatkan diri dalam kegiatan tradisi masyarakat Gawe Dayak ini dan pada hari ini akan berangkat ke perbatasan Entikong, Kecamatan Sekayam untuk segera menuju Sabah Malaysia tidak lain untuk kepentingan masyarakat adat dayak kita, untuk menindaklanjuti rencana Konfrensi Tumenggung Internasional yang juga pernah diselenggarakan di Kabupaten Sintang,” ujarnya.

Orang nomor dua di Bumi Senentang itu juga menjelaskan bahwa pelaksanaan Konfrensi Tumenggung Internasional yang pernah terlaksana di Kabupaten Sintang telah membuka pemikiran secara internasional sehingga rakyat dayak telah diberikan keanggotaan tetap di PBB.

Baca Juga :  Bupati Rupinus Targetkan Layanan Publik di Sekadau Masuk Zona Hijau

“Dan tahun depan kita akan mendapatkan penghargaan untuk menyampaikan pidato di PBB dalam rangka pelestarian seni budaya dayak dan kontek kepentingan masyarakat dayak secara Internasional,” jelasnya.

Sementara Ketua Panitia Gawe Nyelapat tahun Dayak Seberuang Desa Sekubang, Yuvensius Aki menjelaskan bahwa kegiatan Gawe dayak rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan tahun 2019 ini merupakan kali ke empat terselenggara yang dilaksanakan secara bersama-sama di lapangan terbuka sejak 13 hingga 22 Juni 2019 di lapangan bola Temanang. (*/Sg)

Comment