by

Libur Lebaran, Objek Wisata Pantai Ketapang Dipenuhi Ribuan Pengunjung

KalbarOnline, Ketapang – Sejumlah objek wisata selalu ramai dikunjungi ketika libur lebaran tiba. Tak terkecuali wisata alam yang ada di Ketapang. Seperti Pantai Air Mata Permai contohnya. Objek wisata alam yang terletak di Desa Sungai Awan Kiri, Kabupaten Ketapang ini juga dipenuhi wisatawan saat musim libur lebaran tiba.

Dari pantauan objek wisata pantai Air Mata Permai sudah mulai ramai dipenuhi wisatawan sejak H+1 lebaran. Jumlahnya terus meningkat seiring bergulirnya masa libur hinggga jumlah pengunjungnya mencapai ribuan orang.

Satu di antara pengunjung Pantai, Dani mengatakan, ia sengaja datang bersama keluarganya untuk mengisi libur panjang lebaran di pantai Air Mata Permai. Menurutnya, selain jarak tempuh yang dekat, lokasi pantai ini dinilai masih sangat asri.

“Tempatnya cocok untuk bersantai besama keluarga. Jaraknya juga dekat sekitar 30 menit dari pusat kota, jadi ini salah satu destinasi wisata pantai yang tepat,” ujarnya saat diwawancarai, Sabtu (8/6/2019).

Meski demikian, Dani menyatakan kondisi lalu lintas dan keamanan di kawasan objek wisata Pantai Air Mata Permai masih harus ditingkatkan. Menurutnya, akses jalan masuk lokasi pantai yang masih jalan tanah tak jarang dikeluhkan oleh pengunjung pantai. Terlebih ketika hujan, selain sempit jalan tersebut sulit dilalui karena berlumpur.

“Harapan kita, pemerintah lebih memperhatikan lagi fasilitas umum di lokasi Pantai. Seperti tempat sampah dan toilet umum yang kurang tersedia. Selain itu, juga kalau bisa ada pihak keamanan yang standby sehingga pengunjung tidak perlu khawatir lagi,” ucapnya.

Sementara satu di antara pedangang di lokasi pantai, Heni mengaku senang dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang. Heni menyebut omset dagangannya saat musim libur lebaran bisa mencapai puluhan juta rupiah.

BACA JUGA:  Rumah Ibadah Direnovasi Satgas TMMD Kodim 1203/Ketapang, Warga Desa Sekukun Bahagia

“Beberapa tahun ini cukup ramai pengunjung yang datang dari sebelumnya. Untuk tahun ini kios dagangannya kita buka dari pagi hingga malam,” ungkapnya.

Seperti pedagang lainnya, masalah yang dihadapi sama. Heni mengaku kesulitan untuk menyiapkan minuman dingin dan es, karena di lokasi kawasan pantai ini masih belum teraliri listrik. untuk itu ia harus menyiapkan modal lebih untuk mesin genset.

“Harapan pedagang di sini semoga ada jalur aliran listrik, jadi kita tidak repot repot lagi menyiapkan genset untuk mesin pendingin dan penerangan,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Yulianus yang saat itu berada di lokasi kawasan Pantai Air Mata Permai mengatakan kalau memang pada musim libur lebaran tahun ini antusias pengunjung yang merupakan wisatawan lokal cukup ramai.

“Antusias pengunjung cukup ramai pada libur lebaran tahun ini di banding tahun sebelumnya dan hari hari libur biasa,” ujarnya saat ditemui di lokasi Pantai, Sabtu (8/5/2019).

Yulianus berpesan kepada warga yang datang berlibur di kawasan pantai agar senantiasa menjaga kebersihan dan keamanan bersama. Selain itu, menanggapi harapan warga mengenai fasilitas umum di Kawasan wisata pihaknya telah melakukan koordinasi dengan dan memajukan sejumlah proyek peninggkatan fasilitas di kawasan objek wisata.

“Untuk kebersihan pantai sendiri, pengelola pantai ini sudah berkompetisi untuk membersihkannya usai dikunjungi wisatawan. Saya juga berpesan supaya para pengunjung agar senantiasa berhati-hati di pantai dan menjaga keamanan dan kebersihan pantai,” tandasnya. (Adi LC)

Comment