Festival Meriam Karbit Siap Digelar Malam Ini

Pinggir Sungai Kapuas Gang Mailamah

KalbarOnline, Pontianak – Persiapan Festival Meriam Karbit yang rencananya akan digelar Selasa (4/6/2019) malam ini, telah rampung. Panggung utama untuk seremoni pembukaan festival yang akan dimulai pukul 19.30 WIB berlokasi di pinggir sungai Gang Mailamah Jalan Adisucipto.

Para pejabat yang akan menghadiri pembukaan Festival Meriam Karbit rencananya berkumpul di Hotel Grand Kartika, kemudian dengan menggunakan kapal berjenis speedboat menyusuri sungai menuju lokasi acara.

Sebanyak 259 meriam karbit siap menyemarakkan Festival Meriam Karbit pada malam Idul Fitri 1440 Hijriah. Ketua Forum Permainan Meriam Karbit, Fazri Udin mengatakan, jumlah peserta sebanyak 39 kelompok.

Baca Juga :  Edi: Orang Yang Merusak Pohon, Akan Kita Tipiring

“Tahun ini pembukaan festival dipusatkan di Gang Mailamah Jalan Adisucipto,” sebutnya.

Menurutnya, meriam karbit merupakan permainan tradisional khas Pontianak dan sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Kita berharap melalui Forum Meriam Karbit, budaya ini tetap eksis setiap tahunnya dan bisa dinikmati masyarakat luas,” ungkap Fazri.

Baca Juga :  MPPA & Dompet Dhuafa Kembali Menggelar Program Infaq via Kasir Untuk Ramadhan 2018

Meriam karbit terbuat dari kayu balok yang dililit dengan rotan. Meriam karbit memiliki ukuran panjang rerata antara 5 hingga 7 meter dan diameter 60 – 70 centimeter. Untuk membunyikannya, dibutuhkan karbit yang dimasukkan ke dalam meriam hingga mencapai titik didih tertentu kemudian siap disulut.

Suara yang dihasilkan meriam karbit ini sangat menggelegar, bahkan getarannya bisa dirasakan oleh warga yang bermukim di sekitar area meriam itu dimainkan.

Setiap digelarnya festival meriam karbit ini, tak jarang mengundang rasa penasaran para wisatawan untuk menyaksikan dan mendengar langsung bunyi permainan tradisional ini. Bahkan, mereka memberanikan diri untuk menyulut langsung meriam karbit. (jim/humpro)

Comment