Bupati Muda : Pancasila Sumber Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengajak seluruh elemen masyarakat mengelola dan mengembangkan keberagaman yang ada. Dengan begitu, kehidupan dapat berlangsung dengan ekosistem yang sehat di dalam naungan Pancasila.

Hal itu dikatakan, Bupati Muda saat menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Sabtu (1/6/2019) kemarin.

“Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerja sama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada,” ujarnya mengutip sambutan tertulis Pelaksana Tugas Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Haryono.

Baca Juga :  Melampaui Target Kini Kasus Stunting di Kubu Raya Hanya 13 Persen

Kondisi tersebut, lanjut Muda, dapat berkembang melalui budaya politik kewargaan yang demokratis. Yakni budaya politik yang dapat menumbuhkan dan merawat harapan. Bukan politik yang menimbulkan ketakutan.

“Kita Indonesia, kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimistis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil, dan makmur,” tuturnya.

Baca Juga :  Delapan Rumah di Kubu Raya Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Melalui Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni, Muda menegaskan perlunya menjadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi ‘politik harapan’ dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semua pihak, menurutnya, harus konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

“Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila,” tegasnya. (ian/rio)

Comment