Serahkan Paket Lebaran, Edi Kamtono Sebut PHL Kebersihan Pahlawan Lingkungan

Abdul Hadi Senang Terima Tali Asih Lebaran

KalbarOnline, Pontianak – Abdul Hadi (33), satu di antara 674 Petugas Harian Lepas (PHL) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak merasa senang setelah menerima tali asih dan paket lebaran di halaman Kantor Wali Kota Pontianak, Senin (27/5/2019).

Masing-masing PHL menerima tali asih senilai Rp420 ribu beserta minyak goreng 1 kilogram dan tepung terigu 1 kilogram.

“Alhamdulillah bantuan ini setidaknya bisa meringankan beban kami untuk merayakan Idul Fitri,” ujarnya.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat menerima bantuan dari Bank Kalbar untuk PHL kebersihan yang diserahkan langsung oleh Dirut Bank Kalbar, Samsir Ismail
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat menerima bantuan dari Bank Kalbar untuk PHL kebersihan yang diserahkan langsung oleh Dirut Bank Kalbar, Samsir Ismail (Foto: Jim)

Sebagai petugas penyapu jalan, Abdul Hadi mengaku bersyukur karena ada peningkatan bantuan dari tahun sebelumnya.

“Ada peningkatan, tahun lalu Rp300 ribuan, sekarang meningkat menjadi Rp400 ribuan lebih,” kata ayah dari tiga anak ini.

Baca Juga :  Rapat Konsultasi PKK se-Kalbar Fokus Bahas 10 Program Pokok 

Sementara Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, pembagian tali asih dan paket lebaran bagi PHL yang bertugas menjaga kebersihan ini rutin digelar setiap tahunnya. Mulai dari penyapu jalan, pengangkut sampah, pengawas sampah, petugas penjaga Tempat Pembuangan Sementara (TPS) hingga petugas yang bertugas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Bantuan ini kita himpun dari Bank Kalbar, PT Wilmar, Semen Holcim, Rumah Sakit Kharitas Bhakti, SPBU Kota Baru dan Bank Pasar,” jelasnya.

Ia berharap para petugas kebersihan tetap semangat karena mereka adalah pahlawan lingkungan di lapangan.

“Saya berharap mereka tetap semangat dan ikhlas sehingga bisa membantu Kota Pontianak tetap bersih,” ungkap Edi.

Baca Juga :  Sutarmidji Sebut Ada 3 Kesabaran Dalam Berpuasa

Menjelang dan memasuki hari H Idul Fitri, dimana terjadi lonjakan volume sampah, ia mengingatkan kepada DLH Kota Pontianak untuk mensiasati agar sampah-sampah yang ada bisa ditangani secara optimal.

“Saya maunya Kota Pontianak harus tetap bersih, terus lakukan pemantauan warga yang tidak disiplin membuang sampah,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Pontianak, Tinorma Butar Butar, menuturkan, kegiatan ini rutin setiap tahunnya digelar dan sudah berjalan lima tahun. Bantuan yang diberikan ini merupakan donasi dari para donatur yang terdiri dari pihak perbankan dan swasta.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang ikut peduli kepada para petugas kebersihan, semoga ke depannya semakin banyak lagi donatur-donatur yang menyisihkan rejekinya bagi mereka yang kurang mampu,” pungkasnya. (jim/humpro)

Comment