Tradisi Buka Puasa Bersama di Indonesia : Sarana Silaturahmi

KalbarOnline, Sekadau – Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang sakral bagi masyarakat Indonesia. Salah satu tradisi yang khas darinya ialah tradisi buka puasa bersama yang setiap harinya dilakukan warga baik di tempat ibadah maupun di sejumlah tempat lainnya.

Tak terkecuali masyarakat Sekadau khususnya jamaah Masjid besar Al-Falah Sekadau. Sama halnya seperti Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya, pengurus Masjid besar Al-Falah Sekadau rutin melakukan buka puasa bersama.

“Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin setiap tahun yang kita laksanakan dalam rangka menjalin silaturahmi serta komunikasi sosial dengan masyarakat,” kata Guruh salah seorang pengurus sekaligus imam Masjid besar Al-Falah Sekadau.

Baca Juga :  Panitia Pembangunan Masjid Al Mujahidin Tembesuk Dambakan Bantuan

Tradisi buka puasa bersama memang kerap kali dijadikan sarana berkumpul kembali bersama kawan-kawan lama atau keluarga besar.

“Sebenarnya di Indonesia ini ada berbagai tradisi di bulan Ramadhan. Karena merupakan salah satu negara dengan penduduk mayoritas muslim,” tukasnya.

Baca Juga :  Dua Bocah Tewas Tenggelam di Sungai Sekadau

“Jadi tak heran kalau bulan Ramadhan salah satu bulan yang ramai disambut oleh masyarakat Indonesia,” timpalnya.

Sudah sejak lama memang buka puasa bersama menjadi tradisi dan bagian dari budaya.

Mungkin juga sudah terbiasa bahwa saat Ramadhan tiba, akan banyak undangan buka puasa bersama yang datang dari berbagai elemen atau komunitas.

Pada umumnya, momen ini dimanfaatkan sebagai sarana silaturahmi atau berkumpul kembali dengan rekan atau sanak saudara yang lama tidak berjumpa karena berbagai macam kesibukan yang dimiliki. (Mus)

Comment