Peringatan Harkitnas, Bupati Paolus Hadi Tekankan Persatuan

KalbarOnline, Sanggau – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke- 111 di jajaran Pemerintah Kabupaten Sanggau dengan upacara bendera yang dilangsungkan di halaman Kantor Bupati Sanggau, Senin (21/5/2019).

Peringatan Harkitnas yang mengusung tema ‘Bangkit Untuk Bersatu’ ini dipimpin langsung oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi selaku inspektur upacara.

Dalam amanatnya, Paolus Hadi menegaskan kepada seluruh masyarakat umumnya di wilayah Sanggau dan sekitarnya, untuk menjaga persatuan dan kebersamaan pasca Pemilu tahun 2019 ini.

Orang nomor wahid di Bumi Daranante itu mengatakan, peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111 ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa.

“Karena kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam Pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita,” tukasnya.

Baca Juga :  Gudang Eks Pertanian Sanggau Dibongkar Warga, Ini Penjelasan Kadis
Peringatan Harkitnas, Bupati Paolus Hadi Tekankan Persatuan 1

Sampai saat sekarang ini tahap-tahap pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif berlangsung dengan lancar. Kelancaran ini juga berkat pengorbanan banyak petugas pemilu, bahkan berupa pengorbanan nyawa.

“Sungguh mulia perjuangan mereka untuk menjaga kelancaran dan kejujuran proses Pemilu ini, sambil mengirim doa bagi ketenangan jiwa para pahlawan demokrasi tersebut, alangkah eloknya jika kita wujudkan ucapan terima kasih atas pengorbanan mereka dengan bersama-sama menunggu secara tertib ketetapan penghitungan suara resmi yang akan diumumkan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Undang-undang, dalam waktu yang tidak lama lagi,” tuturnya.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini, juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadan. Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun umat untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah.

Baca Juga :  Sekda Sanggau: Uji Kompetensi Penting Untuk Penempatan Jabatan

“Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan Ramadan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gajah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita. Dengan semua harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional, disematkan tema Bangkit Untuk Bersatu. Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.

Seusai upacara dilangsungkan, dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga ke taman makam pahlawan yang dipimpin oleh Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Gede Setiawan dan diikuti oleh jajaran Pemerintahan Sanggau.

Turut hadir pada upacara Harkitnas, Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Gede Setiawan, Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau, Tengku Firdaus, Kepala BNNK Sanggau, AKBP Ngatiya, Wakapolres Sanggau, Kompol Damianus, Kabagren Polres Sanggau, Kompol Wardaya, Kepala Rutan Kelas IIB Sanggau, Isnawan, Kepala Imigrasi Kelas IIB Sanggau, Catur, para Pasi Kodim 1204/Sanggau, Kepala OPD Sanggau, para Kasat Polres Sanggau, TP PKK Sanggau, Persit KCK Cabang XLVlll Kodim 1204/Sanggau.

Upacara diikuti Kodim 1204/Sanggau, Polres Sanggau, Kompi Senapan B Yonif 642/Kps, Satpol PP Pemkab Sanggau dan ASN Pemkab Sanggau. (WWP)

Comment