Jelang Idul Fitri, Pemkab Kubu Raya Sediakan Pasar Murah Untuk Masyarakat

Norasari Arani: Pasar murah tidak untuk PNS

KalbarOnline, Kubu Raya – Guna membantu masyarakat memenuhi kebutuhan khususnya pada momen Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya kembali menggelar pasar murah yang tersebar di empat titik di Kabupaten Kubu Raya.

“Pasar murah tahun ini kami sebar di empat titik. Seperti di Kecamatan Sungai Raya yang dipusatkan di Desa Sungai Raya, sebelumnya pada Jumat pekan lalu bekerja sama dengan Paskhas di halaman Masjid Awaludin Kompleks Lanud Supadio. Kemudian di Desa Tebang Kacang dan di Kecamatan Sungai Kakap,” tutur Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kubu Raya, Norasari Arani.

Di Kecamatan Sungai Raya, kata Nora, pihaknya bekerja sama dengan Bank Kalbar Cabang Kubu Raya, Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan, Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Pertamina dan BDS Indonesia Kabupaten Kubu Raya menggelar pasar murah dalam kegiatan Pasar Ramadhan 2019.

Baca Juga :  Putra Kubu Raya Ukir Prestasi Internasional

Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman Gardenia Resort & Spa Kubu Raya. Pasar Ramadhan yang digelar selama tujuh hari mulai 20-26 Mei ini diisi sejumlah kegiatan seperti operasi pasar, salawatan, pasar murah, hiburan Islami dan jajanan takjil.

“Adapun jenis kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah tersebut terdiri dari 1 kilogram gula pasir, 1 liter minyak goreng dan 15 butir telur dengan harga per paketnya sebesar Rp35 ribu,” terang Nora.

Nora menjelaskan di pasar murah pihaknya memberikan subsidi sekitar Rp8 ribu. Adapun di setiap titik pelaksanaan pasar murah disiapkan sebanyak 500-700 paket bahan kebutuhan pokok. Selain itu juga disiapkan tabung gas elpiji 3 kilogram dengan harga Rp16.500 melalui kerja sama dengan Pertamina.

Baca Juga :  Gelar Buka Puasa Bersama, Wabup Askiman Ajak Masyarakat Perkokoh Kebersamaan Antar Umat

“Yang pasti kalau PNS tidak bolehlah membeli di pasar murah ini, kecuali tenaga kontrak non-PNS yang memang berasal dari kalangan kurang mampu termasuk masyarakat umum lainnya yang perekonomiannya menengah ke bawah,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya, Yusran Anizam mengatakan alokasi paket kebutuhan pokok yang disediakan di pasar murah diperuntukkan bagi masyarakat menengah ke bawah. Tujuannya agar warga terbantu dalam memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-hari terutama di momen bulan suci Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah.

“Kita berharap pelaksanaan pasar murah bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Apalagi belakangan harga telur sudah mulai merangkak naik, saya harap dengan pasar murah ini setidaknya bisa membantu masyarakat untuk  untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari terutama selama Ramadhan,” tandasnya. (ian)

Comment