Wabup Ketapang Harap Tempurukan Juarai Lomba Desa Tingkat Provinsi

Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalbar

KalbarOnline, Ketapang – Wakil Bupati Ketapang, Suprapto membuka secara resmi acara Penilaian Lomba Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2019 di Desa Tempurukan, Kecamatan Muara Pawan, Selasa (21/5/2019).

Dalam sambutannya, Wabup Ketapang, Suprapto mengucapkan selamat datang kepada tim penilai tingkat provinsi Kalbar.

Ia menilai lomba desa ini diharapkan dapat menjadi contoh positif sekaligus motivasi bagi desa-desa lain yang ada di Kabupaten Ketapang untuk terus memperbaiki dan memajukan desa masing-masing.

“Kepada Desa Tempurukan saya ucapkan selamat karena menjadi juara satu tingkat kabupaten dan semoga dalam lomba dapat menjadi juara satu tingkat Provinsi Kalbar yang saat ini sedang dilakukan penilaian,” katanya, Selasa (21/5/2019).

Baca Juga :  Dukung FOLU Net Sink Tahun 2030 dan Pemulihan Hutan Kalbar, Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Laksanakan Penanaman Pohon Serentak

Wabup berujar, melalui lomba ini, diharapkan dapat mendorong Kepala Desa dan perangkatnya untuk tertib dalam administrasi khususnya dalam pertanggungjawaban dana desa sehingga kedepan semakin banyak desa yang memiliki penataan administrasi dengan maksimal.

“Satu di antara syarat lomba adanya Bumdes, untuk itu sudah semestinya setiap desa memiliki Bumdes. Namun bukan cuma sekedar untuk syarat lomba tetapi untuk memberikan kontribusi besar bagi pendapatan desa dalam rangka menunjung terciptanya suatu desa menjadi desa mandiri,” tegasnya.

Ia menambahkan, selain itu, hal terpenting lainnya yakni pelayanan terhadap masyarakat harus terus ditingkatkan agar setiap masyarakat yang datang dapat terlayani dengan baik termasuk 10 program pokok PKK yang harus dijalankan dengan baik.

Baca Juga :  365 Peserta Akan Meriahkan FASI 2020 Tingkat Kabupaten Ketapang

“Saya ingat mengingatkan agar Kades jangan cuma memikirkan pembangunan fisik saja tetapi pembangunan non fisik harus menjadi perhatian termasuk pembinaan mental dan spiritual yang baik dan benar sehingga masyarakat tidak mudah dipecah belah oleh isu yang tidak benar,” tuturnya.

Untuk itu, dalam kesempatan tersebut, pihaknya mengucapkan terima kasih dan selamat melakukan penilaian terhadap tim penilai lomba desa tingkat Provinsi Kalbar dan berharap tim dapat memberikan bimbingan untuk perbaikan terhadap desa yang mengikuti penilaian. (Adi Lc)

Comment