Hadiri Buka Puasa Bersama Panitia Syiar Ramadhan, Bupati Jarot Paparkan Hikmah Berpuasa

KalbarOnline, Sintang – Panitia Bersama Syiar Ramadhan dan Idul Fitri 1440 Hijriah serta gabungan Ormas Islam di Kabupaten Sintang menggelar buka puasa bersama sekaligus silaturahmi yang dilangsungkan di Rumah Adat Melayu Tepak Sirih, Minggu (19/5/2019).

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno ini turut dihadiri Ketua Majelis Pengurus Wilayah Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA, jajaran Forkopimda Sintang dan pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang tanpa terkecuali ratusan umat muslim Kabupaten Sintang.

Dalam sambutannya, Bupati Jarot memaparkan sejumlah hikmah berpuasa di bulan suci Ramadhan.

“Hikmah jasmani ketika kita berpuasa di bulan suci Ramadhan ini sudah terasa, segala penyakit mulai berkurang, gula darah, kolesterol, asam urat sudah mulai hilang, itulah hikmah kita berpuasa di bulan suci Ramadhan secara jasmani,” ujarnya.

Menurutnya, bulan suci Ramadhan ini seperti sebuah pendakian yang harus dicapai.

“Ramadhan memang seperti kita mendaki, Alhamdulillah sampai hari ini kita sudah dihari ke-14  bulan suci Ramadhan, makin hari makin tidak terasa kita berpuasa, nanti pada akhir bulan kita memasuki sepertiga akhir dari bulan Ramadhan, yaitu malam Lailatul Qadar, di mana malam lebih dari 1000 bulan,” tukasnya.

Baca Juga :  Pengemis Masuk ke Bumi Lawang Kuari, Pihak Terkait Diminta Sigap

Memaknai malam Lailatul Qadar, orang nomor wahid di Bumi Senentang ini memberikan pengantar sedikit bahwa hanya diri sendirilah yang dapat mendorong untuk mendapatkan hikmah di malam Lailatul Qadar.

“Ini bulan yang sangat luar biasa, kita dijanjikan malam lebih dari 1000 bulan, jadi tidak didorong dari kita sendiri, maka tidak akan dapat hikmah dari malam 1000 bulan tersebut, tanda-tandanya akan muncul terakhir bulan suci Ramadhan di hari-hari ganjil,” tukasnya lagi.

Pada kesempatan itu Bupati Jarot juga memberikan pesan kepada jamaah yang hadir dalam kegiatan tersebut agar menjalankan bulan suci Ramadhan sebaik-baiknya.

“Mari kita bersama-sama mendaki Ramadhan ini, agar dapat memberikan manfaat bagi kita semua, memberikan kesejukan, ketentraman dan mudah-mudahan kita dapat menjalankan bulan suci Ramadhan kali ini dengan sebaik-baiknya,” pesannya.

Baca Juga :  Pemkab Sintang Gandeng WWF Tetapkan Kawasan Starategis di Ambalau dan Serawai

Sementara Ketua Majelis Adat Budaya Melayu Sintang, H. Ade Kartawidjadja mengatakan bahwa kegiatan buka puasa bersama ini merupakan kegiatan ketiga yang diselenggarakan oleh Panitia Bersama Syiar Ramadhan dan Idul Fitri 1440 Hijriah.

“Jadi kegiatan buka puasa bersama dan silaturahmi Ramadhan ini merupakan kegiatan ketiga dari tujuh rangkaian kegiatan yang diselenggarakan, yang bertujuan untuk menghidupkan syiar Ramadhan sebagai bulan saling berbagi kepada sesama umat Islam,” katanya.

Ia berujar, selain saling berbagi sesama, kegiatan buka puasa bersama dan silaturahmi Ramadhan ini juga untuk meningkatkan tali persaudaraan.

“Kegiatan ini juga untuk memupuk tali silaturahim, membangun kebersamaan, mengembangkan ormas-ormas Islam, merekatkan kembali tali persaudaraan,” imbuhnya.

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan, ia mengucap rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Kami ucapkan rasa syukur karena Rumah Melayu ini menjadi wadah umat Islam untuk saling berdialog, bertemu, saling menghimpun pemikiran dan menyusun agenda bersama sehingga kita dapat menjalin ukhuwah dakwah dan syiar Islam di Kabupaten Sintang,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini juga diisi tausyiah singkat oleh Ketua Majelis Pengurus Wilayah Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia Kalbar, Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA dan dilanjutkan dengan Sholat Maghrib berjamaah. (*/Sg)

Comment