Edi Kamtono : Pemkot Pontianak Komitmen Tingkatkan Infrastruktur Ramah Anak

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat diwawancarai awak media usai menerima kedatangan tim verifikasi KLA dari Kementerian PPPA
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat diwawancarai awak media usai menerima kedatangan tim verifikasi KLA dari Kementerian PPPA (Foto: Fat)

Targetkan Kota Pontianak menuju KLA tingkat Nindya

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menegaskan bahwa Pemerintah Kota Pontianak berkomitmen untuk terus berupaya semaksimal mungkin meningkatkan kualitas infrastruktur yang ramah terhadap anak demi mengejar target Kota Layak Anak yang betul-betul paripurna.

Hal itu disampaikan Edi, usai menerima tim dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang bertandang ke Pemerintah Kota Pontianak untuk menyampaikan hasil verifikasi lapangan evaluasi Kota Layak Anak (KLA) di Kota Pontianak yang dilangsungkan di Ruang Rapat Wali Kota, Kamis (16/5/2019).

“Pemkot Pontianak sejauh ini telah berupaya semaksimal mungkin meningkatkan infrastruktur yang ramah anak. Termasuk di antaranya sekolah dan taman bermain yang ramah anak. Termasuk juga lingkungan yang menjadi faktor pendukung,” ujarnya.

Edi menjelaskan, Pontianak menyandang predikat KLA tingkat Pratama selama tiga tahun berturut-turut. Selanjutnya, tiga tahun naik peringkat menjadi Madya.

“Kedatangan tim verifikasi dari pusat ini untuk melihat dan menilai apakah Kota Pontianak layak dinaikkan menjadi peringkat Nindya, setelah itu Utama,” timpalnya.

Kendati pihaknya terus meningkatkan fasilitas penunjang KLA, namun Edi mengakui hal tersebut masih belum maksimal. Di antaranya, masih minimnya kantin sehat di sekolah, trotoar yang ramah anak dan humanis serta fasilitas penyeberang jalan yang ramah anak maupun shelter untuk antar jemput anak sekolah.

“Belum semua sekolah ramah anak, dan rumah ibadah juga harus ramah anak. Kemudian tingkat kesehatan dan fasilitas pendidikannya. Untuk itu, kita upayakan ini bisa terlaksana,” tukasnya.

“Kita komitmen untuk terus meningkatkan Kota Pontianak sebagai Kota Layak Anak,” tandasnya. (Fai)

Tinggalkan Komentar