Pimpin Safari Ramadhan di Dedai, Wabup Askiman Ajak Masyarakat Tingkatkan Persaudaraan

Wakil Bupati Sintang, Askiman memberikan sambutannya saat memimpin safari Ramadhan Pemkab Sintang di Kecamatan Dedai
Wakil Bupati Sintang, Askiman memberikan sambutannya saat memimpin safari Ramadhan Pemkab Sintang di Kecamatan Dedai (Foto: */Sg)

Sampaikan sejumlah pesan pembangunan

KalbarOnline, Sintang – Wakil Bupati Sintang, Askiman memimpin langsung safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Sintang ke Desa Belinyuk Sibau, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang.

Kedatangan Wabup Askiman beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang disambut hangat oleh masyarakat setempat yang dipusatkan di Masjid Hubbul Wathan, Rabu (15/5/2019).

Dalam sambutannya, Wabup Askiman menuturkan bahwa safari Ramadhan merupakan salah satu agenda rutin Pemerintah Kabupaten Sintang saat bulan Suci Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri dengan menyambangi sejumlah masjid di wilayah Kabupaten Sintang.

Selain itu, safari Ramadhan ini juga, kata dia, merupakan wujud perhatian pemerintah daerah terhadap semua unsur agama di Kabupaten Sintang.

“Kita laksanakan safari Ramadhan sekaligus buka puasa bersama ini sebagai wujud dari pada kepedulian pemerintah daerah terhadap semua unsur agama yang ada di Kabupaten Sintang, salah satunya kepada umat Islam,” kata Askiman.

Orang nomor dua di Bumi Senentang itu berujar, safari Ramadhan ini memiliki dua tujuan yakni untuk mempererat tali silaturahmi dan momentum memperbaiki diri.

“Kegiatan safari Ramadhan Pemkab Sintang ini bertujuan untuk meningkatkan rasa persaudaraan kita, rasa toleransi kita antar umat beragama, kemudian juga untuk mempersatukan diri dalam menjalankan ibadah puasa. Di mana ibadah puasa ini umat Islam bersama-sama mengoreksi semua perilaku yang telah diperbuat, sehingga pada akhir dari bulan suci Ramadhan nanti umat Islam akan meraih hari kemenangan yaitu Idul Fitri, yang dapat mensucikan diri, membersihkan diri,” jelasnya.

Mantan Kadis PU ini turut menjelaskan, makna dari pada bulan suci Ramadhan yakni mendekatkan diri kepada Tuhan.

“Perjuangan peningkatan iman dan taqwa kita bukan hanya sekedar menahan haus dan lapar, di bulan suci inilah upaya kita mendekatkan diri kepada Tuhan, kemudian mendekatkan diri kita kepada keluarga, mendekatkan diri di tengah-tengah masyarakat, sehingga pada akhirnya kita akan mendapatkan rahmat yang sangat luar biasa,” jelasnya lagi.

Untuk itu, dirinya merasa bahagia dapat hadir di Desa Belinyuk Sibau, Kecamatan Dedai ini yang menurutnya sangat toleran.

“Saya bersama rombongan sungguh berbahagia bisa safari Ramadhan ke sini, karena yang saya ketahui bahwa di Desa Belinyuk Sibau ini ternyata suku tidaklah membatasi kita untuk meyakini suatu agama yang sudah lama sejak turun temurun ada di sini. Karena saya mengetahui bahwa hubungan kekeluargaan dan kekerabatan yang tidak lepas satu sama lainnya walaupun kita berbeda agama, tetapi tetap utuh dalam keluarga,” tukasnya.

Pada kesempatan itu pula, pendamping Bupati Jarot Winarno ini menyelipkan sejumlah pesan pembangunan.

“Masyarakat di Desa Belinyuk Sibau ini menginginkan listrik PLN bisa masuk ke desa ini, jadi untuk di Sintang, melalui program PLN bahwa tahun 2019 ini mudah-mudahan desa ini bisa mendapatkan giliran masuknya listrik, karena program PLN Kalbar itu menginginkan Sintang Terang dan saya juga berpesan agar Pemerintah Desa dapat menjalin hubungan yang erat dengan Pemkab Sintang, jadi akan mampu menjawab tantangan dan harapan tentang pembangunan di tengah masyarakat,” pesannya.

Sementara Ketua Masjid Hubbul Wathan, Syaifudin mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sintang yang telah sudi melaksanakan safari Ramadhan di Belinyuk Sibau.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Wakil Bupati Sintang yang sudah memimpin safari Ramadhan Pemkab Sintang ke desa kami ini, dengan demikian dapat melihat secara langsung kegiatan di desa ini,” kata Syaifudin.

Syaifudin berujar, di Desa Belinyuk Sibau ini masyarakatnya saling bersatu tidak saling membedakan antara agama dan suku.

“Toleransi kami di sini sangat luar biasa, di mana tetangga-tetangga kami saling berbaur, sehingga menjadi sangat indah,” ujarnya.

Syaifudin juga berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang dapat memberikan bantuan pembangunan Masjid Hubbul Wathan dan menginginkan listrik bisa masuk ke Desa Belinyuk Sibau.

“Kami mengharapkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sintang dalam halnya pembangunan Masjid Hubbul Wathan, karena saat ini masjid yang kita gunakan belum rampung 100 persen, masjid yang lama itu tempatnya kecil sehingga tidak muat untuk umat yang melaksanakan sholat dan juga kami mengharapkan masuknya listrik di Desa ini,” harapnya.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Sintang, Askiman turut menyerahkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sintang berupa uang tunai kepada pengurus masjid, kemudian pemberian sumbangan dari rombongan yang dilakukan oleh Plt Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang kepada pengurus masjid dan juga sumbangan dari Kementerian Agama Kabupaten Sintang kepada pengurus masjid.

Safari Ramadhan ini turut dirangkai dengan buka puasa bersama. (*/Sg)

Tinggalkan Komentar