Muda-Jiwo Pastikan Pembangunan di Kubu Raya Adil dan Merata

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan memastikan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya di bawah kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo akan bertindak adil serta melakukan pemerataan dalam melaksanakan pembangunan di semua sektor di sembilan kecamatan se-Kabupaten Kubu Raya.

Hal itu ditegaskannya saat memimpin Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tahun 2019 di Desa Teluk Empening, Kecamatan Terentang, baru-baru ini.

“Insya Allah ke depannya saya bersama Wakil Bupati Sujiwo akan berusaha agar tidak ada satu desa pun di Kubu Raya ini yang tidak tersentuh pembangunan karena kita harus adil. Tentu semuanya harus disesuaikan dengan anggaran yang kita miliki,” kata Bupati Muda Mahendrawan saat memberikan sambutannya.

Orang nomor wahid di Kubu Raya itu menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berupaya untuk adil dalam proses pembangunan dan kebijakan-kebijakan yang disusun. Dirinya mengungkapkan telah banyak kebijakan yang dikeluarkan terutama yang berkaitan dengan desa-desa di Kabupaten Kubu Raya.

Baca Juga :  Gelar Open House, Hermanus: Selamat Natal dan Tahun Baru 2017

“Saat ini kita sudah tata kembali bagaimana supaya pengelolaan desa, dana desa dan juga kebijakan-kebijakan di bidang pertanian, perikanan, perkebunan dan juga infrastruktur agar bagaimana ke depannya semua desa bisa merasakan pembangunan yang adil dan merata,” tukasnya.

Sujiwo : Terentang bukan daerah buangan

Senada dengan Bupati Muda, Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo menegaskan bahwa pihaknya akan mengubah stigma negatif Kecamatan Terentang yang kerap dianggap daerah buangan bagi ASN bermasalah.

Menurut Sujiwo, Terentang saat ini bukan seperti Terentang di masa lalu yang jauh dari ibu kota kabupaten dan tidak bisa ditempuh kecuali melewati jalur perairan dengan kendaraan air seperti speedboat atau motor air.

Orang nomor dua di Kubu Raya itu menuturkan, seiring berjalannya waktu telah banyak perubahan signifikan di Terentang. Mulai dari pembangunan infrastruktur, listrik 24 jam dan pembangunan fisik lainnya. Bahkan menuju Terentang saat ini sudah bisa menggunakan jalan darat.

Baca Juga :  Kunjungi Teluk Pakedai, Gubernur Sutarmidji Kembali Serahkan Bansos Kepada Masyarakat

“Dengan banyak perubahan pembangunan yang ada di Kecamatan Terentang ini, saya bersama Pak Bupati Muda akan mengubah stigma ini. Bahkan kami akan jadikan Kecamatan Terentang menjadi daerah paling favorit bagi ASN yang berprestasi,” tutur Sujiwo dalam kesempatan yang sama.

Terkait optimalisasi akses menuju Terentang, Sujiwo menambahkan dirinya telah berkomunikasi dengan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengenai fasilitas penyeberangan. Menurutnya, Gubernur Sutarmidji merespons positif hal tersebut.

“Insya Allah nanti Pak Bupati akan menindaklanjuti surat permohonannya, termasuk penyeberangan dari Sungai Bulan ke Jangkang Satu,” ungkapnya.

Sujiwo turut menegaskan, pemerintah daerah akan komit pada upaya pembangunan yang berkeadilan. Ia mengaku punya mimpi untuk menjadikan Kecamatan Terentang sebagai daerah terfavorit bagi ASN dalam menjalankan tugas.

“Saya bersama Pak Bupati Muda sepakat kalau setiap desa di Kubu Raya ini mendapatkan pembangunan yang sama, tanpa harus melihat letak geografisnya. Insya Allah saya dan beliau akan mewujudkan semua itu. Namun juga kami memerlukan dukungan penuh dari masyarakat, agar pembangunan yang kami lakukan ini memiliki manfaat yang besar dan dirasakan langsung bagi masyarakat,” pungkasnya. (ian)

Comment