Ini Empat Calon DPD-RI Terpilih Dapil Kalbar Hasil Pleno Rekapitulasi KPU, Didominasi Wajah Baru

KalbarOnline, Pontianak – KPU Kalbar telah menyelesaikan rekapitulisasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu serentak 2019 untuk DPD-RI. Hasilnya, dari empat kursi yang diperebutkan, tiga di antaranya diisi oleh wajah baru.

Di kursi pertama ditempati oleh mantan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya yang berhasil memperoleh sebanyak 406.304 suara yang sekaligus tercatat sebagai perolehan suara terbanyak.

Pada kursi kedua ditempati calon petahana yakni Maria Goreti yang berhasil memperoleh sebanyak 287.341 suara. Maria Goreti merupakan satu-satunya calon petahana yang kembali terpilih menjadi anggota DPD-RI periode 2019-2024. Perempuan kelahiran Pahauman, Kabupaten Landak ini tercatat sebagai anggota DPD-RI empat periode berturut-turut.

Baca Juga :  Pemilu 2019 : 15 Petugas KPPS di Ketapang Dilaporkan Sakit

Sementara di kursi ketiga ditempati oleh yakni Erlinawati. Istri Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir ini berhasil memperoleh sebanyak 259.058 suara. Pada kursi keempat, terdapat nama Sukiryanto. Mantan Ketua DPD REI (Real Estate Indonesia) Kalbar itu berhasil meraih sebanyak 220.937 suara.

Baca Juga :  KPU : Proses Perhitungan dan Rekapitulasi Suara di Pontianak Masih Berlangsung

Perolehan suara Erlinawati dan Sukiryanto terbilang cukup mengejutkan. Sebab, perolehan suara keduanya berhasil menggusur kedua calon petahana yakni Abdul Rahmi dan Rubaeti Erlita. Perolehan suara keduanya tidak cukup untuk mempertahankan kursi DPD-RI lantaran hanya meraih suara masing-masing 109.601 dan 113.941. (Fai)

Perolehan suara calon DPD-RI pada Pemilu 2019 Dapil Kalbar
Perolehan suara calon DPD-RI pada Pemilu 2019 Dapil Kalbar (Foto: KO)

Comment