Bupati Jarot Buka Pasar Murah Ramadhan

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno secara resmi membuka kegiatan pasar murah di Pasar Kapuas Raya, Kelurahan Menyumbung Tengah, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Senin (13/5/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Jarot mengatakan, kegiatan ini diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi UMKM ini akan dilaksanakan selama enam kali di kawasan pinggiran Sintang. Jelang H-2 Idul Fitri Pemerintah Kabupaten Sintang berencana akan mengadakan operasi pasar daging murah.

“Karena di mana-mana sekarang isunya harga bahan pokok itu semua naik. Daging naik, beras naik, minyak naik. Selain sembilan bahan pokok, juga diadakan operasi pasar elpiji 3 kilogram,” ujarnya.

Orang nomor wahid di Bumi Senentang ini berpendapat bahwa ada kenaikan tingkat konsumsi daging. Hal ini lantas berpengaruh pada harga yang signifikan khususnya pada harga ayam potong.

Baca Juga :  KI Kalbar Dorong Pemkab Sintang Tingkatkan Pengeloaan Informasi Dokumentasi

“Tujuan-tujuan yang mau kita capai lewat operasi pasar adalah untuk membantu masyarakat selama bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri. Kemudian, kita mau melakukan stabilitas harga pasar. Kita mau mengerem kenaikan harga yang melonjak dengan tajam saat-saat sekarang ini,” tegasnya.

Jarot mengatakan, dari beberapa catatan pelaksanaan pasar murah sebelumnya, animo masyarakat terhadap daging beku masih rendah. Namun pada tahun terakhir pengadaan pasar daging murah, konsumsi masyarakat akan daging beku di Sintang sudah meningkat secara signifikan.

“Artinya masyarakat udah lebih percaya pada kualitas dan kebersihan dari daging beku yang kita sediakan. Tahun ini kita tidak cuma menyediakan daging sapi beku tapi juga daging ayam beku. Pemda memberi subsidi untuk dua kebutuhan daging tersebut sebesar Rp6.000 per kilo untuk daging sapi dan Rp3.000 untuk daging ayam,” paparnya.

Baca Juga :  PKK Sekadau Kunjungi Kebun Binaan PKK Kota Pontianak

Sementara Kadisperindagkop Sintang, Sudirman mengatakan, pasar murah ini diadakan pada masa Ramadhan dan menjelang idul Fitri 1440 Hijriah supaya harga-harga dapat terkendali.

Kegiatan pasar murah hari ini menyediakan 16 komoditi antara lain beras, minyak goreng, gula pasir, telur, termasuk sirup dan margarin. Termasuk Juga daging ayam dan daging sapi beku.

“Kami ingin memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh kebutuhan-kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau selama bulan suci Ramadhan dan selama hari raya Idul Fitri ini. Kami mengadakan ini di daerah-daerah pinggiran dan di Kecamatan Sepauk,  Sungai Tebelian dan Dedai,” rincinya.

Kegiatan pasar murah ini turut dihadiri sejumlah pejabat dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang. (*/Sg)

Comment