by

Syukuran Peringatan Hari Jadi Sintang ke-657

KalbarOnline, Sintang – Masih dalam rangka Hari Jadi Kota Sintang ke-657, Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar syukuran sekaligus buka puasa bersama Ramadhan 1440 Hijriah. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang, Jumat (10/5/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Jarot mengatakan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka syukuran Harjad Sintang yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah.

“Syukuran Hari Jadi Kota Sintang yang ke-657 tahun 2019, dirangkai dengan acara buka puasa bersama Ramadhan 1440 Hijriah,” ujarnya.

Menurut Bupati Jarot, Hari Jadi Sintang itu setiap tahunnya dilaksanakan pada tanggal 10 Mei.

“Jadi upacara peringatan sudah kita laksanakan pada tanggal 4 Mei 2019 yang lalu karena peringatan Hari Jadi Kota Sintang itu jatuh setiap tanggal 10 Mei, pas juga di tahun 2019 ini bertepatan dengan bulan Ramadhan, sehingga dilaksanakan dengan syukuran dan buka puasa bersama,” tukasnya.

Dalam kesempatan Bupati turut menjelaskan bahwa para leluhur terdahulu sudah meletakkan suatu pondasi yang sekarang harus dilestarikan.

“Pada hari ini 657 tahun yang lalu, leluhur kita berhasil meletakkan pondasi, membangun suatu peradaban, tempat hidup yang diberikan nama Sintang, leluhur kita mewariskan peradaban yang agung dengan menghargai dan menyatukan berbagai perbedaan sara, sebagai satu kesatuan yang harmonis,” tukasnya.

“Sebagai pewaris yang bertanggung jawab, kita mengusung spirit Sintang adalah kita yang dapat meneguhkan kembali bahwa kita Sintang sebagai rumah besar kita bersama, wadah interaksi sosial atas dasar persaudaraan, kesetaran dan kerjasama antar warga negara, kita punya tugas besar membangun kota Sintang, di masa mendatang,” tegas Jarot.

Selain itu juga, lanjut Bupati, para generasi penerus harus dapat menjalankan tanggung jawab sebagai pewaris para leluhur dengan mengaktualisasikannya.

“Tugas itu harus ditunaikan dengan penuh tanggung jawab, nilai-nilai berharga pewaris para leluhur kita harus kita aktualisasikan sesuai dengan tantangan zaman yang berlangsung,” terangnya.

Bupati juga memberikan pesan kepada semua yang hadir agar para penerus Sintang dapat memberikan kontribusi untuk memajukan Kota Sintang tercinta.

“Yang mesti kita lakukan bersama adalah mengisi Kota Sintang dengan pemikiran yang terbuka, sikap yang toleran dan tindakan yang produktif, Kota Sintang akan maju dan berkembang di masa depan, asalkan kita sebagai penghuninya dapat menjaga, merawat dan memberikan sumbangan untuk memajukan Kota Sintang,” pesannya.

Sementara Ketua Majelis Adat Budaya Melayu Kabupaten Sintang, H. Ade Kartawidjadja yang turut hadir dalam kegiatan syukuran dan buka puasa bersama itu memberikan pesan agar bersama-sama bersatu untuk membangun Kota Sintang.

“Saya ucapkan selamat Hari Jadi Sintang ke-657 tahun 2019, saya berpesan kepada kita semua mari bersama-sama membangun Kota Sintang agar menjadi kota yang maju dan berkembang,” ucapnya.

Dalam rangkaian syukuran itu juga dilaksanakan juga pemotongan tumpeng oleh Sultan Sintang dan kemudian diisi tausyiah menjelang berbuka puasa oleh Ustadz Mochamad Hedi, yang dihadiri ratusan tamu undangan, termasuk para forkopimda, jajaran pimpinan OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang. (*/Sg)

Comment

News Feed