Rekrutmen Polri Masuk Tahap Pemeriksaan Psikologi, Karo SDM Polda Kalbar Pastikan Transparan dan Bersih

KalbarOnline, Pontianak – Proses rekrutmen anggota Polri mulai dari klasifikasi Tamtama, Bintara dan Akpol di Polda Kalbar sudah memasuki tahapan pemeriksaan psikologi. Pemeriksaan psikologi ini di bagi menjadi 3 tahapan.

Hal ini disampaikan Karo SDM Polda Kalbar, Kombes Pol Dirin selaku Ketua Panitia Rekrutmen.

Ia memastikan bahwa semua proses rekrutmen anggota Polri dilakukan secara transparan dan benar-benar bersih.

“Yang pasti sudah sangat transparan dari setiap proses tesnya, seperti sekarang ini pemeriksaan psikologi, setelah peserta melaksanakan tes secara bersama sama baik dari peserta, panitia internal maupun eksternal ikut menyaksikan langsung scaning lembar jawaban peserta dan langsung diumumkan,” ujar Kombes Pol Dirin.

Baca Juga :  3.742 Warga Kalbar Ikuti Bakti Kesehatan Serentak HUT Polri ke-77 Tahun 2023

Polda Kalbar, kata dia, dalam rekrutmen kali ini mengkampanyekan prinsip BETAH yaitu Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis.

Setelah pemeriksaan psikologi, akan masuk ke tahapan Uji Akademik. Tahapan Uji Akademik ini akan dilaksanakan dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test), yaitu ujian dengan bantuan komputer. Sistem ini sangat membantu bagi panitia dan peserta untuk menjaga transparansinya pelaksanaan.

Baca Juga :  Berikan Kuliah Umum, Kapolri Ulas Tentang Perkembangan Demokrasi dan Globalisasi

“Polda Kalbar juga berkoordinasi dengan dinas pendidikan untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan ini. Di mana Polda Kalbar bekerja sama dengan sekolah-sekolah yang sudah memiliki fasilitas CAT tersebut,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, setiap tahapan tes dimulai dengan penandatanganan pakta integritas dan pengambilan sumpah untuk tidak melakukan kecurangan. (Fai)

Comment