Dukung Pemerintah Optimalisasikan PAD, Bank Kalbar Siapkan Tapping Box dan Sistem Pajak Online

70
Direktur Utama Bank Kalbar, Samsir Ismail saat diwawancarai awak media
Direktur Utama Bank Kalbar, Samsir Ismail saat diwawancarai awak media (Foto: Fat)

KalbarOnline, Pontianak – Direktur Utama Bank Kalbar, Samsir Ismail menegaskan bahwa pihaknya siap mendukung upaya Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat dalam mengoptimalisasikan pendapatan asli daerah dari sektor pajak rumah makan, restoran, tempat hiburan dan hotel.

Adapun dukungan yang akan dilakukan pihaknya yakni menyiapkan fasilitas berupa tapping box (alat monitoring transaksi usaha secara online) dan membangun sistem pajak online bersama. Pasalnya, selama ini, terang Samsir, penerimaan pajak belum seluruhnya dilakukan secara online sehingga tidak dapat diketahui secara real time oleh pemerintah daerah.

“Kita sangat mendukung langkah pemerintah untuk mengoptimalisasikan pendapatan asli daerah terutama dari sektor pajak. Selama ini pajak belum seluruhnya online, jadi ke depan kita akan siapkan fasilitasnya berupa sistem online agar pemerintah daerah bisa mengetahui secara real time berapa pendapatan pajak yang dihimpun setiap harinya,” ujarnya saat diwawancarai awak media baru-baru ini.

“Kita juga akan menyiapkan tapping box, tapi tapping box inikan kita masih sewa dari pihak ketiga. Untuk itu kedepannya agar lebih efesien dan efektif, kita akan bangun suatu sistem teknologi yang dapat mengurangi biaya tersebut,” timpalnya.

Samsir turut mengungkapkan sejumlah sektor pajak yang paling banyak memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah. Di antaranya yakni rumah makan, restoran, hotel, tempat hiburan, fasilitas umum berupa kolam renang dan fasilitas umum lainnya.

“Dari tempat-tempat tersebut, ada kewajiban pajak yang harus dibayar masyarakat dan menjadi kewajiban bagi tempat-tempat ini untuk menyalurkan pajak itu kepada pemerintah untuk dikembalikan lagi kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan,” tukasnya.

Pihaknya berharap dengan dilakukannya sistem ini secara masif di setiap daerah, terjadi peningkatan dari pendapatan pajak daerah, sehingga pembangunan di Kalbar bisa semakin meningkat. (Fai)

Tinggalkan Komentar

Loading...