Sampaikan LKPJ, Edi Kamtono : Pemkot Terus Upayakan Dongkrak IPM

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menegaskan bahwa telah banyak kemajuan-kemajuan yang dicapai Pemerintah Kota Pontianak.

Hal itu disampaikan Edi dalam penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2018 dalam sidang paripurna DPRD di ruang rapat paripurna DPRD Kota Pontianak, Senin (6/5/2019).

“Intinya, banyak kemajuan-kemajuan yang kita capai, seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM), indeks kemiskinan berkurang, menurunnya tingkat putus sekolah dan banyak kemajuan lainnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Dinasti Politik Cenderung Korup, ICW: Demokrasi Tersandera

Angka IPM terakhir yang dirilis oleh Biro Pusat Statistik (BPS) tahun 2017 tercatat 77,93. Angka ini meningkat dibanding tahun 2016 dengan nilai 77,63. Peningkatan IPM didorong oleh upaya peningkatan kualitas bidang kesehatan dan pendidikan, serta terjaganya kondisi makro ekonomi yang mempengaruhi daya beli masyarakat.

Baca Juga :  NasDem Kapuas Hulu Komitmen Kerja Ekstra Menangkan Midji – Norsan

“Dengan kondisi IPM Kota Pontianak yang terus naik dari tahun ke tahun, dapat diartikan bahwa pembangunan manusia di Kota Pontianak cenderung semakin baik,” jelas Edi.

Pihaknya juga akan mengupayakan tahun berikutnya untuk terus meningkatkan IPM. Selain itu, tak kalah pentingnya, meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

“Sehingga pertumbuhan ekonomi juga meningkat dan angka pengangguran bisa ditekan,” pungkasnya. (jim/humpro)

Comment