by

Sambut Ramadhan, Ribuan Umat Muslim Sekadau Pawai Obor

-Uncategorized-8 views

KalbarOnline, Sekadau – Ribuan umat muslim Sekadau mengikuti pawai obor, Sabtu (4/5/2019) malam. Pawai obor yang diinisiasi oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sekadau ini dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 hijiriah.

Turut hadir Sekda Sekadau, Zakaria, Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tamizi dan jajaran, Camat Sekadau Hilir, H. Syafii Yanto, SE., M.Si, Anggota DPRD Sekadau, Muslimin dan Ketua Masjid Al-Falah Sekadau, H. Isnaini, S.Ip., M.Si.

Adapun rute pawai obor ini dimulai dari Masjid Al-Falah menuju Jalan Pantai Kapuas Pasar Hulu, Jalan Irian, Jalan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Selatan dan kembali ke Masjid Al-Falah.

Sekda Sekadau, Zakaria mengatakan bahwa pawai obor ini digelar dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan sekaligus ajang silaturahim umat Muslim Sekadau.

“Luar biasa antusias masyarakat mengikuti pawai obor ini. Laporan dari panitia, lebih dari 2000 orang mengikuti pawai obor ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Zakaria juga mengajak masyarakat khususnya umat Muslim untuk menyambut Ramadhan dengan suka cita dan rasa persatuan.

“Barangkali selama ini tali silaturahim mulai sedikit longgar, pada momentum Ramadhan ini mari sucikan hati, sucikan diri serta tingkatkan ibadah. Kita eratkan tali silaturahim kita,” ajaknya.

Dirinya turut berpesan, agar momentum Ramadhan ini diisi dengan hal-hal yang baik dan positif.

“Mari bersama-sama bersihkan hati, bersihkan diri dan sambut Ramadhan dengan penuh suka cita,” pesannya.

Sementara perwakilan Kantor Kementerian Agama Sekadau, Abdillah, S. Ag menyatakan bahwa pihaknya menyambut baik adanya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan berbagai organisasi masyarakat dan agama ini dalam menyambut bulan suci Ramadhan di Kabupaten Sekadau.

“Diharapakan kegiatan-kegiatan penyambutan bulan suci Ramadhan menjadi starting untuk peningkatan keimanan umat Islam dalam menjalankan ibadah,” ujarnya.

Sementara Ketua Masjid Besar Al-Falah Kabupaten Sekadau, Isnaini mengucapkan terima kasih kepada PHBI Sekadau yang telah menginisiasi pawai obor dalam menyambut bulan suci Ramadhan ini.

Menurutnya, pawai obor yang digelar ini sejalan dengan spirit Ramadhan yang memang seharusnya disambut dengan suka cita.

“Kita berterimakasih kepada PHBI dan pemerintah daerah yang telah mendukung terselenggaranya pawai obor ini. Karena untuk menyambut Ramadhan ini memang harus dengan penuh suka cita,” tukasnya.

Hal senada turut disampaikan Ketua PHBI Sekadau, Salim. Ia mengatakan, pawai obor tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk menyemarakan Ramadhan.

“Ramadhan adalah bulan penuh rahmat. Pawai obor ini dilaksanakan untuk menyambut bulan Ramadhan,” tukasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa bahwa pelaksanaan pawai obor ini didukung penuh Pemkab Sekadau, Masjid Besar Al-Falah, Persatuan Orang Melayu (POM) dan berbagai organisasi lainnya.

Pelaksanaan pawai obor ini mendapatkan pengawalan oleh aparat Kepolisian dan TNI serta Patwal Satlantas dan diback-up unit pemadam kebakaran dari BPBD Pemkab Sekadau. (Mus)

Penulis: Jauhari Fatria

Gravatar Image
Saya Penulis Pemula

Comment