UMKM Kubu Raya Sumbang PDRB Capai 57 Persen

KalbarOnline, Kubu Raya – Memasuki revolusi industri 4.0, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memberikan atensi khusus pada pembangunan di sektor perkoperasian dan usaha mikro perdagangan serta industri.

Langkah-langkah menyambut revolusi industri ditekankan pada pemanfaatan sarana digital bagi koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Kubu Raya.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kubu Raya, Nora Sari Arani, di sela Rapat Koordinasi Pembangunan Sektor Sektor Perkoperasian, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian se-Kabupaten Kubu Raya di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, baru-baru ini.

Baca Juga :  Wabup Kubu Raya Buka Pertemuan Wanita Katolik

Nora berujar, rakor bertema ‘Koperasi dan UMKM Go Digital” itu sengaja digelar pihaknya guna menyikapi revolusi industri.

“Rakor ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan pembangunan di sektor perkoperasian, usaha mikro, perdagangan, dan perindustrian. Selain itu juga membahas langkah-langkah yang dilakukan dalam memasuki revolusi industri 4.0 yang ditekankan pada pemanfaatan sarana digital bagi koperasi dan UMKM,” terangnya.

Baca Juga :  Polres Kubu Raya Gelar Sosialisasi Karhutla di SMAN 4 Sungai Raya 

Nora mengatakan koperasi aktif di Kabupaten Kubu Raya mencapai 428 unit. Adapun usaha mikro dan kecil yang telah dibina oleh pihaknya sebanyak 3.926 unit.

Menurut dia, masih banyak usaha mikro kecil lainnya yang belum mendapatkan pembinaan secara optimal. Padahal peranan UMKM dalam pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kubu Raya cukup signifikan.

“Dengan tingkat pertumbuhan ekonomi Kubu Raya sebesar 6,37 persen, UMKM menyumbang kontribusi untuk Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencapai 57 persen yang didominasi dari industri pengolahan dan didukung dengan sektor pertanian dan perikanan,” jelasnya. (ian/rio)

Comment