Ketua GOW Kubu Raya Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Limbah Plastik : Terbukti Bahaya

KalbarOnline, Kubu Raya – Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kubu Raya, Atzebi Yatu Lensi Sujiwo mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kubu Raya untuk mengurangi limbah atau sampah plastik. Menurutnya, sampah plastik terbukti membahayakan alam dan makhluk hidup di dalamnya.

“Karena tidak semua sampah plastik yang kita hasilkan mendapatkan pengolahan yang semestinya. Kita harus tahu bahwa sampah plastik sangat sulit terurai bahkan membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk itu,” ujarnya di sela acara ramah tamah peringatan Hari Otonomi Daerah XXIII dan Hari Kartini 2019 di aula Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (29/4/2019) kemarin.

Atzebi mengajak untuk mulai bersikap tegas mengurangi limbah dan sampah plastik. Hal itu, menurutnya, harus dimulai dari diri dan keluarga dengan cara sederhana. Di antaranya menggunakan tumbler atau botol air minum sendiri dari rumah. Kemudian menyiapkan tempat sendiri pada saat berbelanja.

Baca Juga :  Dewan Kubu Raya Apresiasi Pengembangan Komoditi Bawang Merah

“Selain itu juga mulai berhenti menggunakan sedotan dan sendok garpu berbahan plastik. Sekarang ini sudah dijual sedotan ramah lingkungan yang tidak terbuat dari plastik dan bisa digunakan secara berulang,” terangnya.

Baca Juga :  Bupati Rusman Ali Resmikan Kas Bank Mega Transmart Kubu Raya

Menurut Atzebi, sejumlah cara tersebut terbilang sederhana. Namun langkah-langkah itu sangat berarti bagi lingkungan dan keberlangsungan hidup.

“Harapan saya ke depannya sudah tidak terlihat lagi penggunaan botol minuman kemasan plastik khususnya dalam acara-acara. Penyajian bisa diubah dengan cara yang semestinya demi mendukung tindakan pengurangan limbah atau sampah plastik,” harapnya. (ian)

Comment