Ria Norsan Ajak Lestarikan Budaya ‘Naik Dango’ : Khasanah Budaya Indonesia Dalam Bhineka Tunggal Ika

KalbarOnline, Landak – Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan mengatakan perayaan ‘Naik Dango’ atau Gawai Dayak merupakan even yang selalu dinantikan oleh masyarakat Dayak sebagai wuiud rasa syukur kepada ‘Nek Jubata’ atau sang pencipta atas hasil panen padi yang berlimpah.

“Perayaan ini telah tumbuh, berkembang dan mengakar sebagai kekayaan budaya tradisi yang harus tetap dipertahankan dan dilestarikan karena banyak terkadung nilai-nilai budaya luhur yang diwariskan secara turun temurun, karena budaya sebagai identitas sebuah bangsa,” kata Ria Norsan saat menghadiri Pekan Gawai Dayak ke-34 yang dilaksanakan di Rumah Radakng Aya’ Kabupaten Landak.

Orang nomor dua di Bumi Tanjungpura ini mengatakan Provinsi Kalbar dengan ragam suku, agama, budaya, bahasa, adat istiadat, kepercayaan dan latar belakang sejarah dari etnis yang ada di tanah air, menciptakan orkestra yang saling berkaitan satu dengan yang lain, apabila dapat berjalan dengan baik dan seirama akan tercipta harmonisasi yang indah, sehingga menambah khasanah budaya Indonesia dalam Bhineka Tunggal Ika.

“Keberagaman masyarakat di Kalbar menjadikan masyarakatnya selalu menjaga, memelihara dan merawat persatuan, persaudaraan dan kerukunan antar sesama, hal ini tercermin dan tertuang dalam aspek kehidupan bermasyarakat,” jelasnya.

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Desa Sepahat Hadiri Lokakarya Mini Kampung KB Dusun Lonjengan

Mantan Bupati Mempawah ini juga menegaskan bahwa pemerintahannya bersama Gubernur Kalbar, Sutarmidji sangat memberikan kesempatan dan ruang bagi setiap etnis yang ada di Provinsi Kalbar untuk melestarikan, mengembangkan dan mengimplementasikan budaya yang ada sehingga akan tercipta sikap toleransi dan saling menghargai antar sesama.

“Saya sangat mengapresiasi perayaan ‘Naik Dango’ oleh masyarakat Dayak Kanayatn di Kabupaten Landak ini karena memberikan manfaat yang besar dan berdampak positif dalam aspek sosial, budaya dan ekonomi bagi masyarakat,” ucapnya.

Berbicara tentang budaya, tentu tak lepas dari kegiatan kepariwisataan, di mana salah satu kegiatan pariwisata menggunakan unsur kebudayaan seperti kerajinan tangan, makanan khas suatu daerah, sejarah suatu tempat, arsitektur sebuah bangunan, cara kerja dan teknologi sebuah benda serta kearifan lokal masyarakat merupakan objek budaya yang dikemas dalam memenuhi kebutuhan wisatawan, kegiatan tersebut dapat dikemas dalam wisata berbasis budaya.

“Perkembangan wisata berbasis budaya tidak merusak budaya asli. Sebaliknya memperkuat dan memberikan inovasi budaya,” ujarnya.

Baca Juga :  Masih Kritis, Suami Sekaligus Ayah Korban Pembacokan di Landak Mohon Doa

Dijelaskannya, pariwisata telah memperkuat proses konservasi budaya tradisional, budaya merupakan eleman pariwisata yang paling menarik wisatawan mancanegara.

“Peluang ini baik untuk kita manfaatkan agar bermanfaat bagi masyarakat, terjadinya pelestarian budaya dan peningkatan nilai ekonomi,” ingatnya.

Kemudian, Tahun 2019 ini, Pemprov Kalbar diberikan kepercayaan sebagai tuan rumah pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) tingkat nasional ke-XXV tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juni hingga 7 Juli 2019 dan sudah sepantasnya semua pihak turut mendukung dan berpartisipasi mensukseskan kegiatan tersebut.

“Hendaknya kita dapat menjadi tuan rumah yang baik, memberikan kesan dan pesan yang menyenangkan agar penyelenggaraan even-even di Kalbar semakin meningkat dan berkualitas. Jadikan momen ini sebagai bentuk toleransi beragama di Kalimantan Barat,” ajaknya.

Ria Norsan juga mengimbau agar seluruh masyarakat Kalbar di manapun berada terus memelihara, menjaga dan merawat persatuan, persaudaraan serta kerukunan antar sesama, sehingga akan tercipta masyarakat yang rukun dan damai.

Dalam momentum perayaan perayaan ‘Naik Dango’, Norsan mengajak hendaknya dapat menstimulus penyelenggaraan even-even di Kalbar dalam menciptakan dan membangun citra positif dalam kerangka Negara Kesatuan Republik lndonesia (NKRI).

“Peliharalah selalu rasa cinta tanah air, bangsa dan negara di manapun kita berada karena kita adalah satu bangsa Indonesia,” pungkasnya. (*/Fai)

Comment