Categories: Kubu Raya

Optimalisasi Pendapatan Daerah, Kubu Raya Segera Terapkan Data Transaksi Secara Online Untuk Pelaku Usaha

KalbarOnline, Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Rayabakal segera menerapkan perekaman data transaksi secara online untuk pembayaran dan penerimaan pajak daerah usaha hotel, restoran, hiburan dan parkir dalam waktu dekat ini.

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Rertribusi Daerah (BPPRD) Kubu Raya, Supriaji saat ditemui usai mengikuti diskusi panel optimalisasi pendapatan daerah di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, belum lama ini.

Pelaksanaan diskusi panel tersebut diprakarsai oleh Tim Korsupgah (Koordinasi dan Sipervisi Bidang Pencegahan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Sebagaimana paparan dari Direksi Bank Kalbar, pada awal Mei 2019 akan dilaksanakan pemasangan terhadap alat perekam data tersebut sebanyak 35 unit,” ucapnya.

Dirinya menerangkan dari 35 titik pelaku usaha di Kubu Raya setiap tiga bulannya akan dilakukan evaluasi terhadap pembayaran wajib pajak serta penerimaan pajak usaha. Pengevaluasian tersebut dilakukan oleh Tim Korsupgah wilayah Kalbar kepada BPPRD Kubu Raya dan Bank Kalbar.

Supriaji menuturkan, evaluasi penerimaan pajak yang dilakukan Korsupgah tidak hanya kepada instansi-instansi terkait, namun juga menyasar kepada tempat pemilik usaha wajib pajak.

“Pemasangan alat perekam data transaksi secara online tersebut dimaksudkan untuk memperoleh data yang memadai dari cash register di tempat-tempat usaha yang akan terakumulasi sebagai omzet. Sehingga menekan angka kebocoran serendah mungkin. Sedangkan tujuannya adalah optimalisasi pendapatan daerah, khususnya pajak daerah,” harapnya. (ian)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Warga Resah, Individu Orang Utan Berkeliaran dan Rusak Kebun Warga Sukadana

KalbarOnline, Kayong Utara - Sejumlah warga mengaku resah dengan keberadaan satu individu orang utan yang…

1 min ago

Sederet Kerajinan Ekraf Kalbar Bakal “Mejeng” di HUT ke-44 Dekranas Tahun Ini, Apa Saja?

KalbarOnline, Pontianak- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) terus mematangkan kesiapan menghadapi…

3 hours ago

Terpilih Aklamasi, Daniel Tangkau Lanjut Pimpin Ikadin Kalbar 2024 – 2028

KalbarOnline, Pontianak – Daniel Edward Tangkau kembali terpilih sebagai Ketua Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Provinsi…

13 hours ago

Ramai-ramai Kritik Hasyim Asy’ari, Statemen Caleg Terpilih Boleh Nyalon Pilkada Bisa Jadi Problem Demokrasi dan Konstitusional

KalbarOnline, Nasional - Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengkritik argumentasi Ketua KPU RI, Hasyim…

13 hours ago

Link Berita Soal Laporan Korupsi ke Kejati Kalbar Mendadak Hilang, Muncul Kode 404

KalbarOnline, Pontianak - Belakangan ini publik dihebohkan dengan laporan dugaan korupsi program Bantuan Stimulan Perumahan…

1 day ago

Pelajar SMKN 01 Sintang Jawab Tantangan Rita, Buat Mobil Listrik Dalam 30 Hari

KalbarOnline, Pontianak - Pelajar SMK Negeri 1 Sintang Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil merakit sebuah…

1 day ago