Aparat Gabungan TNI-Polri Kawal Pleno Tingkat PPK di Kecamatan Belitang

KalbarOnline, Sekadau – Sejumlah aparat kepolisian dari Polsek Belitang terlihat berjaga-jaga di sejumlah titik di sekitar area Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kecamatan Belitang yang merupakan tempat pleno hasil pemilu tahun 2019 tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Pleno yang dilaksanakan itu dimulai pukul 09.00 WIB hingga dinyatakan selesai dengan hari dan waktu yang belum bisa dipastikan, Sabtu (20/4/2019).

Kapolsek Belitang, Ipda Agus Junaidi yang memimpin kegiatan pengamanan tersebut mengatakan bahwa pengamanan ini diberikan sebagai bentuk upaya dari pihak kepolisian yang bersinergi dengan pihak TNI serta melibatkan para tokoh masyarakat se-Kecamatan Belitang.

Baca Juga :  Masa Jabatan Rupinus-Aloysius Berakhir 17 Februari Mendatang

“Kita akan tetap menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban agar senantiasa kondusif baik itu selama proses pemilu maupun pasca pemilu. Jadi kita juga berharap agar kondusifitas kamtibmas tetap aman dan nyaman seperti biasanya. Bila ada kegaduhan yang mengarah ke pada perilaku yang inkonstitusional, tentu kita akan tindak tegas sesuai aturan dan pelanggaran yang dilakukan,” tegasnya mengingatkan.

Kapolsek berujar, selain aparat dari Polsek Belitang, petugas BKO dari Polres Sekadau juga turut dikerahkan untuk membantu kegiatan pengamanan pleno hasil pemilu tahun 2019 di Kecamatan Belitang.

Selain menempatkan petugas di beberapa titik di sekitar area GPU Kecamatan Belitang, lanjut dia, petugas di pintu masuk juga memeriksa tas dan barang bawaan peserta rapat untuk memastikan tidak ada barang-barang yang dapat menjadi pemicu suasana tenang menjadi kacau dan tidak terkendali.

Baca Juga :  MTAMT Gelar Maulid Tradisional di Mongko Hilir

Kasat Binmas Polres Sekadau, Iptu Masdar yang juga ikut dalam kegiatan pengamanan pleno hasil pemilu serentak ini mengimbau agar peserta mentaati tata tertib selama pleno berlangsung agar selesai sesuai dengan harapan yaitu  berjalan dengan aman dan hasil disepakati bersama.

“Bila ada yang keberatan, silahkan ikuti tata cara untuk melakukan sanggahan kepada Ketua PPK ataupun kepada Panwascam yang hadir, tapi tetap mengedepankan profesionalitas kita bersama serta menghargai suasana yang sudah selalu aman di wilayah kita di Kabupaten Sekadau ini,” pungkasnya. (Mus)

Comment