Muda-Jiwo Salurkan Hak Pilih di Hari H Pencoblosan, Ini Pesan Keduanya

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu serentak 2019
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu serentak 2019 (Foto: ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan dan Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo menyalurkan hak pilihnya pada pelaksanaan Pemilu serentak 2019, Rabu (17/4/2019).

Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu serentak 2019
Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu serentak 2019 (Foto: ian)

Muda mencoblos di TPS 28 Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Bansir Laut, Pontianak Tenggara. Sementara Sujiwo bersama istri menyalurkan hak pilihnya di TPS 024 Kompleks Sejahtera, Sungai Raya Dalam, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Saat diwawancarai, Muda berharap semua Petugas Pemungutan Suara (PPS) khususnya di Kabupaten Kubu Raya sigap dan cekatan dalam melaksanakan tugas.

“Jangan berlama-lama, begitu selesai langsung, hitung biar cepat,” ujarnya.

Muda berujar bahwa ia bersama Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo terus memantau proses jalannya pemungutan suara dari seluruh kecamatan dan desa di Kabupaten Kubu Raya. Sejauh ini, menurutnya, pelaksanaan Pemilu di Kubu Raya berlangsung lancar.

Sementara Wabup Sujiwo mengatakan dirinya bersama keluarga telah menunaikan salah satu kewajiban sebagai warga negara, yakni turut serta menggunakan hak pilih.

“Karena sifatnya rahasia, maka saya rahasiakan siapa pilihan saya. Hanya saya dan Tuhan yang tahu,” kata Sujiwo usai mencoblos.

Sujiwo mengatakan pasca Pemilu 2019, masyarakat harus kembali menyatu meskipun sebelumya berbeda pilihan. Berbeda pilihan, sebutnya, merupakan hal yang lumrah dalam negara demokrasi.

“Setelah ini kita harus kibarkan Merah Putih bersama-sama yang menandakan persatuan dan kesatuan bangsa itu yang utama,” kata dia.

Menurut Sujiwo, sejak beberapa hari yang lalu, rangkaian tahapan pelaksanaan Pemilu di Kubu Raya berjalan dengan lancar. Pihaknya juga telah membentuk tim untuk memantau pelaksanaan Pemilu di semua kecamatan di Kubu Raya.

“Kita juga sudah mengunjungi penyelenggara Pemilu, baik itu KPU maupun Bawaslu. Sejak H-1, hampir 100 persen didistribusikan,” tuturnya.

Sujiwo meyakini pelaksanaan Pemilu di Kubu Raya berjalan sebagaimana mestinya. Terlebih TNI dan Polri turut mengamankan Pemilu. Begitu juga seluruh masyarakat sangat menginginkan pemilu berlangsung lancar dan aman.

“Saya yakin dan percaya, Pilpres dan Pileg akan berjalan lancar, damai, aman dan tenteram sesuai harapan rakyat Indonesia,” katanya.

Sujiwo menambahkan, pelaksanaan Pemilu 2019 ini Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya berbagi tugas untuk memantau jalannya pemungutan suara. Selain itu pemerintah daerah juga telah membentuk dan menugaskan tim gabungan pemantau pemilu di seluruh kecamatan.

“Saya memantau pelaksanaan di Sungai Ambawang dan Rasau Jaya, sementara Pak Bupati ke Kakap dan Sungai Raya. Sedangkan SKPD disebar ke sembilan kecamatan di Kubu Raya,” pungkasnya. (ian/rio)

Tinggalkan Komentar