PPK Kecamatan Belitang Gelar Bimtek Sekaligus Lantik KPPS

KalbarOnline, Sekadau – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Belitang menggelar bimbingan teknis sekaligus pelantikan KPPS (Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara) se-Kecamatan Belitang yang dilangsungkan selama dua hari sejak Selasa, 9 April hingga Rabu, 10 April 2019 kemarin.

Pelantikan KPPS se-Kecamatan Belitang oleh PPK Kecamatan Belitang
Pelantikan KPPS se-Kecamatan Belitang oleh PPK Kecamatan Belitang (Foto: Mus)

Bimtek yang digelar di GPU (Gedung Pertemuan Umum) Kecamatan Belitang ini dihadiri oleh Camat yang diwakili Sekcam Belitang, perwakilan Kapolsek Belitang, Danramil, Peltu Jamal, Ketua PPK Belitang, Klaudius, Ketua Panwascam, Heriyadi, anggota KPPS sebanyak 92 orang dan anggota PPS sebanyak 12 orang.

Baca Juga :  Matangkan Pelaksanaan MTQ XXVIII Kalbar, Panitia Gelar Rakerda LPTQ di Sekadau

Pada kesempatan itu, Ketua PPK Belitang, Klaudius membuka acara sekaligus menjelaskan beberapa agenda yang dilakukan pada hari ini di antaranya bimtek dan pelantikan KPPS sebanyak 92 orang dari 4 desa.

Klaudius juga menambahkan kegiatan hari ini merupakan agenda bimtek pada zona 2 yang diikuti oleh 4 desa diantaranya Desa Padak, Desa Setuntung, Desa Menua Prama dan Desa Nanga Ansar.

Sekcam Belitang, Jaluk juga mengatakan bahwa giat bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang tugas dan tanggungjawab KPPS pada pelaksanaan pemilu.

Baca Juga :  KPH Sekadau Bagikan Bibit Unggulan Gratis ke Masyarakat Tepat di Hari Bakti Rimbawan ke-38

Sementara Danramil Belitang, Peltu Jamal mengingatkan sebentar lagi akan dilaksanakan Pileg dan Pilpres 2019, pihak Koramil akan bersinergitas dengan Polsek Belitang dalam melakukan pengamanan di TPS.

Senada, Bripka Suprianto juga menuturkan bahwa kegiatan bimtek yang dilakukan oleh PPK Belitang bertujuan untuk pembekalan serta pemahaman tugas KPPS terkait proses pemungutan dan perhitungan suara.

Ia menjelaskan untuk netralitas TNI, Polri dalam pelaksanaan pemilu 2019 sekaligus membacakan imbauan kamtibmas TNI-Polri dalam pengamanan pelaksanaan Pileg dan Pilpres.

Untuk menutup rangkaian kegiatan bimtek pada hari ini, dilanjutkan dengan pelantikan Ketua KPPS yang dilakukan oleh Ketua PPK. (Mus)

Comment