Usulan 90 Unit PJU-TS Ditanggapi Kementrian ESDM, 10 Desa Siap Terealisasi

KalbarOnline, Kubu Raya – Sebanyak 90 Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) terpasang di 10 desa di Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya. Pemasangan dilakukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

Peresmian infrastruktur yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dengan inisiasi Komisi VII DPR RI itu ditandai penyerahan miniatur PJU-TS dari Direktur Minerba ESDM, Muhammad Wafid kepada Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di aula Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (8/4/2019).

Direktur Minerba ESDM Muhammad Wafid menerangkan di tahun 2018, Kementerian ESDM telah selesai membangun sebanyak 490 unit PJU-TS di Kalimantan Barat. Dari jumlah tersebut, 90 unit di antaranya berada di Kabupaten Kubu Raya.

Baca Juga :  Olah TKP Crane Patah, Polisi Pastikan Telusuri Insiden Tewasnya Muhammad

“Pemasangan 90 unit PJU-TS di Kubu Raya dan 128 di Ketapang merupakan usulan pemerintah masing-masing kabupaten yang diinisiasi oleh Anggota Komisi VII DPR RI,” terangnya menjelaskan.

Wafid mengungkapkan pada tahun 2018, program pemasangan PJU-TS oleh Kementerian ESDM dilakukan di 25 provinsi di Indonesia dengan jumlah unit terpasang sebanyak 21.839. Selanjutnya di tahun 2019 Kementerian kembali menganggarkan 20.980 unit PJU-TS untuk dipasang di seluruh Indonesia.

“Program PJU-TS ini merupakan salah satu instrumen untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat mendapatkan akses energi modern sebagai upaya mewujudkan energi berkeadilan,” ujarnya.

Wafid menyatakan Kementerian ESDM bersama pemerintah daerah berkomitmen mewujudkan berbagai program kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya pembangunan PJU-TS.

Baca Juga :  PMI Kubu Raya Komit Bangun Daerah

Pemasangan PJU-TS, menurut dia, merupakan program dari Kementerian ESDM sebagai solusi untuk digunakan di jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PLN. Juga pada daerah-daerah yang telah teraliri listrik PLN namun ingin mengurangi konsumsi listrik di daerahnya.

“Hari ini dilakukan peresmian dan penyerahan PJU-TS secara simbolis kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan Pemerintah Kabupaten Ketapang untuk segera dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya di Kubu Raya dan Ketapang,” ucap Wafid.

Wafid menuturkan pembangunan PJU-TS diharapkan dapat meningkatkan keamanan, keselamatan dan kemudahan masyarakat dalam beraktivitas di malam hari. Sehingga dapat meningkatkan taraf hidup baik secara sosial maupun ekonomi.

“Kami sampaikan apresiasi atas segala dukungannya mulai dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan seluruh elemen masyarakat sehingga pemasangan ini dapat terlaksana. Semoga PJU-TS ini dapat memberikan manfaat dan membantu masyarakat di Kalbar khususnya di Kubu Raya dan Ketapang,” harapnya. (ian/rio)

Comment