Resmikan Listrik Desa Betok Jaya, Bupati Kayong Utara Ucapkan Terima Kasih ke PT Raja Intan

Bupati Kayong Utara, Citra Duani saat meresmikan listrik desa di Desa Betok Jaya
Bupati Kayong Utara, Citra Duani saat meresmikan listrik desa di Desa Betok Jaya (Foto: Adi LC)

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Kabupaten Kayong Utara, Citra Duani melakukan peresmian Listrik Desa (Lisdes) di Desa Betok Jaya, Kecamatan Kepulauan Karimata, Sabtu (6/4/2019) kemarin.

Terealisasinya pasokan listrik di desa tersebut bekerjasama dengan pihak ketiga yakni PT Raja Intan Electrikal.

Dalam peresmian tersebut juga turut dihadiri oleh sejumlah Kepala OPD Kayong Utara diantaranya Kepala Badan Keuangan Daerah, Junaidi Firrawan, Kepala UKM, Supardi, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Mas Yuliandi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Tommy Djunaidi dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Santun P Simorangkir.

Pada kesempatan tersebut, Citra Duani mengatakan kalau sudah saatnya masyarakat di Kepulauan Karimata hidup lebih sejahtera. Karena menurutnya memang selama ini kehidupan masyarakat di Kepulauan Karimata yang berprofesi sebagai nelayan belum bisa mendapatkan hasil maksimal karena besarnya biasa operasional. Contohnya mengenai harga batu es yang mahal.

“Disni (Betok-red) harga es batu 6 ribu, di Sukadana 500 rupiah, selisihnya jauh, jadi bagaimana mau sejahtera, untuk bertahan di kebutuhan sehari-hari bersyukur,” ungkap Citra Duani.

Untuk itu, Citra Duani berharap dengan sudah teralirinya listrik di Desa Betok Jaya masyarakat dapat memaksimalkan penggunaannya tidak hanya sebatas untuk penerangan tetapi juga untuk membuka peluang usaha sehingga perekonomian masyarakat dapat perlahan-lahan akan tumbuh.

“Dengan adanya listrik tentunya rumah tangga bisa memproduksi es batu, yang dalam satu malam bisa 20an buah dibuat dalam satu lemari pendingin, dengan begitu biaya es batu bisa kita pangkas untuk dibawa menangkap ikan,” tukasnya.

Orang nomor wahid di Negeri Bertuah (julukan Kayong Utara.red) ini menceritakan kalau terwujudnya listrik desa di Betok Jaya, berkat kerjasama pihak ketiga bersama dengan pemerintah desa dan PLN. Sekitar tiga bulan usai dilantik dirinya sering berdiskusi dengan Kepala Desa mengenai permasalahan listrik. Sehingga akhirnya diambil satu kesimpulan membangun listrik desa yang dipercayakan kepada swasta atau pihak ketiga.

“Alhamdulillah, PT Raja Intan melalui Pak Alex selaku pihak ketiga tertarik untuk membantu mewujudkan listrik desa yang sekarang diresmikan. Kebetulan juga Pak Alex ini memang sudah berpengalaman dan berhasil di beberapa tempat mewujudkan listrik desa,” paparnya.

Sementara Kepala Desa Betok Jaya, Hasanuddin menyampaikan terimakasih atas kehadiran Bupati Kayong Utara yang secara langaung meresmikan listrik desa. Ia mengakui, bahwa hadirnya listrik desa ini sangat besar manfaatnya dirasakan masyarakat.

“Selain itu kita juga berterimakasih kepada pihak ketiga yang telah membantu mewujudkan listrik desa ini,” ungkapnya.

Terpisah, Manager PT Raja Intan Electrikal, Alex Sumarno selaku pelaksana pembangunan listrik desa mengaku senang atas dukungan masyarakat dan pemerintah setempat. Ia mengakui, selama dalam pelaksanaan pembangunan berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

“Semoga semua ini bisa bermanfaat buat masyarakat,” tukasnya. (Adi LC)

Tinggalkan Komentar