Pemkab Kubu Raya Siap Dukung Pembangunan PLTU di Rasau Jaya : Kurangi Ketergantungan Listrik Malaysia

KalbarOnline, Kubu Raya – Pj Sekda Kubu Raya, Yusran Anizam mengapresiasi rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) oleh PT. PLN di wilayah Kabupaten Kubu Raya tepatnya di Desa Bintang Mas, Kecamatan Rasau Jaya.

Ia berujar, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sangat mendukung rencana pembangunan PLTU Kalbar II di Kabupaten Kubu Raya. Kata Yusran, pihaknya akan melakukan penelitian dan penyesuaian terhadap tata ruang Kubu Raya.

“Alhamdulillah, kita sangat mendukung rencana pembangunan PLTU Kalbar II di Kubu Raya. Dan ini telah melewati survey di beberapa titik dan akhirnya ditetapkan di Desa Bintang Mas, Kecamatan Rasau Jaya. Tinggal kita akan pelajari lagi kesesuaiannya dengan tata ruang Kubu Raya yang telah ditetapkan,” ujar Yusran saat diwawancarai awak media usai pertemuan dengan pihak PT. PLN, Jumat (5/4/2019).

Menurut Yusran, berkaitan perijinan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan sangat mendukung proses perijinan yang akan dibutuhkan oleh Indonesia Power untuk memulai aktifitas pembangunan. Berkaitan dengan kajian lingkungan hidup akan menyesuaikan dengan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk hal itu.

Baca Juga :  Pontianak dan Kubu Raya Sepakati Kerjasama

“Perijinan, Insya Allah Pemerintah Kubu Raya akan memberikan dukungan penuh sesuai dengan persyaratan yang harus dipenuhi. Demikian juga dengan kajian-kajian lingkungan hidup, akan kita teliti dan kita sesuaikan dengan persyaratan yang dibutuhkan untuk itu,” terang Yusran.

Yusran mengatakan, dengan kehadiran PLTU Kalbar II di Desa Bintang Mas, Kecamatan Rasau Jaya tentunya akan memicu pusat pertumbuhan baru di Kubu Raya dan Kalimantan Barat. Sebab dengan terbangunnya PLTU Kalbar II, akan membuka akses pelayaran baru yang akan membuka akses transportasi air di Kubu Raya untuk angkutan orang dan barang.

“Pembangunan PLTU Kalbar II ini nantinya akan membuka pertumbuhan perekonomian yang baru, pertumbuhan mobilasi dan kegiatan masyarakat yang baru di wilayah Kubu Raya, khususnya di wilayah perairan. Sebab akan membuka akses pelayaran yang baru dari muara Sungai Kapuas di Desa Bintang Mas. Dengan demikian nantinya akan ada dua pintu masuk pelayaran yakni muara Kubu dan Muara Suangai Kapuas di Bintang Mas,” jelas Yusran.

Baca Juga :  Respon Cepat Tanggap Bupati Muda, Kelangkaan Elpiji Melon di Pesisir Kubu Raya Teratasi

Yusran juga mengatakan tujuan pembangunan PLTU Kalbar II tersebut ke depannya akan mampu memenuhi kebutuhan listrik di Kalimantan Barat sekaligus mengurangi ketergantungan import listrik dari negara tetangga.

Dengan dibangunnya PLTU Kalbar II dengan kapasitas 2 x 100 MW tersebut akan mengurangi ketergantungan kebutuhan listrik Kalbar umumnya dan Kubu Raya khususnya, terutama daerah yang belum teraliiri listrik PLN.

Sementara itu, Camat Rasau Jaya, Suhartono mengatakan masyarakat di Rasau Jaya akan sangat mendukung dengan rencana pembangunan PLTU Kalbar II diwilayahnya. Menurutnya, pembangunan PLTU Kalbar II merupakan untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk semua masyarakat.

Pihaknya akan membantu pemerintah dan PLN untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat disekitar rencana pembangunan.

“Saya rasa masyarakat sangat mendukung kehadiran pembangunan PLTU Kalbar II ini di Kecamatan Rasau Jaya. Dan kami bersama dengan pemerintah Desa akan membantu Pemerintah dan Indonesia Power untuk mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat. Ini kan untuk kebutuhan bersama kita semua, dan kita semua sama-sama harus mendukung,” imbuh Suhartono, didampingi Kepala Desa Bintang Mas saat hadir dalam diskusi sosialisasi rencana pembangunan PLTU Kalbar II di ruang Rapat Bupati Kubu Raya. (ian)

Comment