Bupati Jarot Ikuti Sosialisasi Gemarikan

KalbarOnline, Sintang – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat menggelar sosialisai peningkatan konsumsi ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dipusatkan di SDN 01 Sintang, Kamis (4/4/2019).

Sosialisasi ini turut dihadiri oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno dan dibuka oleh Ketua Harian Forikan, Ir. Herti Herawati, MMA yang turut dimeriahkan oleh pelajar dari SDN 01, SDN 02, SDN 05, SDN 06, SDN 08, SDN 21, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Sintang dan SD Pancasetya yang diawali dengan penampilan drumband persembahan dari drumband ‘Kelangsang’ SDN 08 Sintang dan drumband ‘Ngelabok’ SDN 23 Menyumbung. Ada pula persembahan lagu ‘Gemarikan’ dari para pelajar.

Baca Juga :  Murni Tindakan Kriminal, Korban Penganiayaan di Pal 3 Dikarenakan Ini, Bukan Teror Pilkada

Herti Herawati mengatakan, konsumsi ikan untuk Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2017 masih rendah yaitu 38,91 kilogram perkapita pertahun. Angka ini, kata dia, masih di bawah target nasional yaitu 40 kilogram perkapita per tahun.

Pada kesempatan ini ia juga mengatakan, saat ini Forikan belum terbentuk di Kabupaten Sintang oleh karena itu, kampanye makan ikan belum sampai ke sendi-sendi kehidupan yang terkecil terutama tingkat keluarga.

Baca Juga :  Persyaratan Pada Program GGD Sulitkan Putera Puteri Daerah Saat Penerimaan

Sementara Bupati Jarot mengajak anak-anak untuk mengonsumsi ikan dan omega tiga setiap hari karena sangat penting bagi pertumbuhan.

Kepala Sekolah SDN 01 Sintang, Junaidah menyampaikan, terdapat 22 siswa yang tidak suka mengonsumsi ikan, mereka dipilih untuk mengikuti kegiatan ini, diharapkan dengan kegiatan sosialisasi peningkatan konsumsi ikan melalui Gemarikan ini, siswa tersebut dapat tertarik untuk mengonsumsi ikan.

Upaya yang dapat dilakukan untuk menarik minat anak agar mau mengonsumsi ikan misalnya mengolah ikan menjadi makanan dalam bentuk cemilan. Pada puncak acara dilakukan pembagian tas sekolah dan makanan olahan dari ikan kepada seluruh peserta oleh Bupati Jarot. (*/Sg)

Comment