Janji Bangun Industri Olahan, Sandiaga Uno : Kalbar Pernah Jaya Dengan Plywood

KalbarOnline, Pontianak – Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno berjanji akan melahirkan industri-industri pengolahan bahan mentah di Indonesia tak terkecuali di Kalimantan Barat.

Hal itu menurutnya bukan suatu hal yang muluk-muluk untuk diterapkan di Kalbar, pasalnya Kalbar dulunya, kata dia, terkenal dan jaya dengan industri kayu (plywood).

Industri olahan ini, kata dia, guna menanggulangi anjloknya harga sawit dan karet serta komoditas-komoditas lainnya.

Baca Juga :  Bikin Emak-emak Histeris, Bang Sandi: Pontianak Luar Biasa

Sebab, saat ini, turunnya harga karet, sawit dan komoditas lainnya lantaran tidak tersedianya industri-industri turunan dari komoditas tersebut.

“Harga sawit, karet dan komoditas lainnya turun. Ini beban bagi masyarakat kita. Karena kita tidak membangun industrinya. Kita terlalu tergantung dengan pola-pola lama dalam varietas ekonomi kita. Kita mesti kembali pada pasal 33 UUD 1945 di mana kita kembangkan SDA yang dimiliki bangsa ini untuk kesejahteraan rakyat,” tegasnya.

Baca Juga :  RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak Beri Edukasi tentang Penyakit Hipoglikemia

“Di bawah Prabowo-Sandi, kita akan bangun industri olahan, jadi sawit itu tidak hanya diekspor sebagai raw material (bahan mentah/baku) seperti Crude Palm Oil (CPO), tapi kita ingin lahirkan industri-industri turunan. Sehingga kita menjadi basis ekspor. Bukan menjadi Indonesia yang hanya sebagai tempat impor. Kuncinya kita harus mendorong kebijakan yang lebih ramah, lebih luwes terhadap investasi di sektor olahan ini,” timpalnya. (Fat)

Comment