Edi Minta Pejabat Turun Lapangan : Identifikasi Masalah

97 Pejabat Eselon III dan IV Dilantik

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 97 pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dilantik Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA), Selasa (2/4/2019). 97 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilantik tersebut terdiri dari pejabat eselon III sebanyak 35 orang dan eselon IV 62 orang.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono melantik 97 Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono melantik 97 Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak (Foto: Jim)

Edi berharap pelantikan ini akan memberikan motivasi dan semangat baru bagi para pejabat yang baru dilantik ini. Mereka diharapkan mampu meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Yang melayani dan bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Minta Warga Kalbar Tetap Jaga Pola Hidup Sehat

Orang nomor wahid di Kota Khatulistiwa ini juga meminta para aparatur rutin turun ke lapangan. Bila tidak, akan sulit bagi mereka untuk mengidentifikasi permasalahan di lapangan.

“Lakukan peninjauan, yang diperlukan harus tanggap, harus peka dan peduli apapun yang terjadi di lapangan,” tegas Edi.

Sebagai pejabat di lingkungan Pemkot Pontianak, dirinya berpesan para aparatur tidak hanya sekadar menjalankan tugas pokok dan fungsi yang diemban, tetapi juga harus melihat semua permasalahan yang terjadi di Kota Pontianak karena semua itu menjadi tanggung jawab bersama.

Baca Juga :  Belajar Tata Kelola Pemerintah dan Pengelolaan Anggaran, DPRD Kepulauan Meranti Kagumi Pontianak

“Misalnya, Dinas Pertanian, melihat lubang besar di jalan, dia harus koordinasikan atau laporkan ke Dinas Pekerjaan Umum (PU), begitu pula sebaliknya,” ungkapnya.

Hal tersebut dinilainya sebagai bentuk kebersamaan yang harus dibangun. Sebab, warga masyarakat tidak ambil peduli, apakah itu menjadi kewenangan Dinas PU atau dinas terkait lainnya.

“Para pejabat atau aparatur juga harus diberikan pandangan supaya terus melakukan inovasi-inovasi dengan memanfaatkan IT dalam rangka percepatan pelayanan,” pungkasnya.

Dari sejumlah pejabat yang dilantik, diantaranya camat dan lurah. Camat Pontianak Kota dijabat oleh Sefri Kurniadi dan Camat Pontianak Selatan, Fursani. Sedangkan lurah yang dilantik yakni Mutia Sari sebagai Lurah Kota Baru. (jim)

Comment